Betulkah Makan Jamur Bisa Jadi Zombie?

Belakangan ini dunia hiburan sedang ramai dengan serial televisi The Last of Us yang diangkat dari permainan survival dengan judul yang sama di tahun 2013. Secara singkat, serial televisi ini bercerita tentang keadaan post-apocalypse di mana dunia sedang rusak karena infeksi jamur Cordyceps. Jamur ini diceritakan menginfeksi manusia dengan merubah manusia menjadi makhluk yang kanibal atau kita sebut sebagai zombie.

Dikehidupan asli, jamur Cordyceps memiliki banyak spesies, salah satunya . Jamur ini hidup menumpang pada makhluk hidup dengan merusak sistem imun dan proses produksi ketahanan sekunder inangnya. Cara hidup ini yang dilihat para peneliti sebagai potensi yang menjanjikan untuk pengobatan pada dunia medis.

Potensial jamur Cordyceps

Berdasarkan artikel ilmiah yang ditulis oleh Phull, jamur ini diketahui memiliki fungsi terapeutik karena mengandung protein, asam lemak, senyawa antioksidan, dan vitamin serta mineral. Aktivitas biologis dari senyawa-senyawa yang terkandung dalam jamur ini dipercaya dapat membantu pengobatan penyakit yang disebabkan inflamasi melalui meningkatkan sistem imun tubuh, seperti:

  • diabetes,
  • alergi,
  • asma
  • obesitas,
  • penyakit kardiovaskular
  • penyakit infeksi, hingga
  • kanker.

Hal ini diperkuat dengan sifat farmakologis yang ditemukan pada jamur Cordyceps, seperti meningkatkan aktivitas sistem imun, aktivitas antivirus, aktivitas antikanker, aktivitas antikoagulasi, aktivitas antikanker, aktivitas antihiperglemik, aktivitas antialergi, dan aktivitas anti-obesitas. Sehingga, mulai banyak perusahaan farmasi yang membuat suplemen dalam bentuk bubuk dan kapsul.

Kondisi terkini

Walaupun jamur ini telah melalui berbagai penelitian untuk menunjukkan potensinya sebagai produk makanan yang bermanfaat, penelitian masih merekomendasikan para produsen untuk menggunakan bahan baku jamur Cordyceps berada di bawah pengawasan. Hal ini dikarenakan diperlukan uji klinis lebih lanjut pada manusia mengenai manfaat dan efek samping dari jamur ini. Jamur Cordyceps juga termasuk jamur yang langka dan relatif mahal. Oleh karena itu, banyak yang mulai membudidayakan jamur ini untuk diteliti dan diolah.

Dengan demikian, jamur mengerikan yang digambarkan pada serial televisi The Last of Us tidak mampu untuk mengubah manusia menjadi zombie. Malah jamur tersebut dinilai memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan manusia.

 

Sumber: mdpi.com

Sumber gambar: google.com

4 thoughts on “Betulkah Makan Jamur Bisa Jadi Zombie?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »