Apa Itu Bibit Jamur

Apa itu Bibit Jamur Tiram F0, F1 dan F2

Secara Garis besar ini adalah gambaran pembiakan bibit pada budidaya jamur tiram

Indukan (P) – (F0) – (F1) – (F2)

Huruf “F” dalam dunia genetika disebut dengan Filial. Filial adalah hasil turunan dari persilangan/perkawinan indukan “P” (Parental) yang berbeda jenis. Hasil turunan ini nantinya disebut dengan F0, F1, F2 dan seterusnya. Walaupun pada umumnya pembuatan bibit jamur tiram hanya sekedar ‘turunan’ tanpa persilangan, namun
tetap saja kita bisa katakan bahwa hasil pembuatan bibit jamur tiram kita sebut sebagai F0, F1, F2, dst. Hal ini sebenarnya penyederhanaan hanya untuk mempermudah identifikasi hasil saja.

Bibit Jamur Tiram F0

Bibit F0 dapat diperoleh dengan menggunakan sistem kultur jaringan, yaitu mengambil eksplan (bagian) dari induk jamur yang kemudian diinokulasikan ke media (PDA) secara aseptik. Cara ini terbukti cukup baik karena dapat diketahui langsung sifat fisik dan kualitas jamur indukan. PDA atau kepanjangan dari Potatoes Dextrose Agar. (Untuk detail cara pembuatannya dapat dilihat di halaman Cara Pembuatan Bibit Jamur)

Bibit Jamur Tiram F1

Bibit F1 merupakan turunan dari bibit F0. Dari satu tabung F0 bisa diturunkan menjadi sekitar 20 botol bibit F2. Pembiakan ini bertujuan memperbanyak miselium jamur yang berasal dari indukan murni. Dari PDA dimasukkan ke media-media tanam seperti biji-bijian jagung atau sorghum. Biasanya kemasan yang digunakan adalah botol.

Bibit Jamur Tiram F2

Bibit F2 merupakan turunan dari bibit F1. Media yang yang digunakan pada bibit F2 biasanya campuran milet dan serbuk gergaji, atau campuran sorghum dengan serbuk gergaji. Pembiakan ini juga bertujuan memperbanyak misellium dari bibit F1. Selanjutnya bibit jamur F2 yang sudah jadi bisa digunakan untuk pembibitan hingga 20-30 baglog (F3) disesuaikan dengan ukuran baglog yang digunakan.

Nah, setelah Anda lebih mengetahui tentang istilah-istilah bibit jamur di atas maka kami yakin kini anda sudah paham pula tentang pentingnya memilih bibit jamur yang berkualitas. Kita tentu bisa lebih hati-hati dalam membeli bibit jamur tiram, apakah itu jenis F0, F1, F2, atau F3. Tidak perlu khawatir, kami dari Mushome membuat bibit-
bibit berkualitas yang siap dikirimkan ke tempat Anda. Berikut foto bibit dan daftar harganya:

Untuk pemesanan, dapat menghubungi WA kami 0895347020357

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *