Budidaya Jamur Tiram di Rumah Untuk Anak

Jamur tiram merupakan salah satu jamur yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dikarenakan dapat diolah menjadi produk turunannya. Beberapa produk turunannya adalah keripik jamur dan kaldu jamur. Budidaya jamur merupakan salah satu budidaya yang mudah untuk dilakukan serta tidak memerlukan modal yang tinggi.

Jamur tiram yang dibudidayakan, dapat dipanen hingga berkali-kali dan bertahap. Jamur tiram juga memiliki banyak pilihan media tumbuh, tetapi yang umum digunakan adalah kardus dan serbuk gergaji. Bagi sebagian orang, menumbuhkan jamur terbilang cukup rumit dikarenakan ada beberapa parameter yang harus dipenuhi supaya jamur dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, akan susah untuk mengajarkan kepada anak tentang jamur apabila sulit untuk menumbuhkannya sendiri. Eits, tapi tenang saja, Mucy punya solusinya.

Bagaimana Caranya?

Mushome menyediakan mushome box dan explorer kit yaitu sebuah media tanam jamur komersil yang sangat praktis digunakan. Caranya adalah dengan membuka kemasan, lalu sayat plastik membentuk huruf “X”. Setelah disayat, keluarkan medium dari box dan rendam selama 8 jam. Keringkan dan pindahkan lagi ke dalam box. Semprot 2x setiap hari setiap pagi dan malam dan tunggu keajaibannya! Dalam kurun 2-4 minggu jamur akan tumbuh dan bisa dipetik. Setelah dipetik, minta tolonglah kepada orang tua kalian untuk dibuatkan masakan yang lezat menggunakan jamur yang telah kalian tumbuhkan.

Selain dari jamur tiram yang bisa dikonsumsi, khusus untuk explorer kit terdapat hadiah tambahan. Di dalamnya terkandung pula keripik jamur varian original dan permainan edukatif. Keripik jamur merupakan salah satu produk kita yang terbuat dari jamur tiram. Dengan adanya cemilan tersebut, anak-anak dapat mencoba enaknya masakan olahan jamur sehingga makin memotivasi mereka untuk memberikan kasih saying pada jamur yang mereka tumbuhkan.

Permainan edukatif diharapkan dapat menambah wawasan anak tentang jenis-jenis jamur yang ada di dunia dan yang dapat dikonsumsi. Di dalam box tersebut, juga terdapat kaldu jamur yang bisa digunakan orang tua untuk menggantikan msg konvensional pada masakan dan memberikan cita rasa lezat yang berbeda dari biasanya.

Anak juga akan mendapatkan hikmah dari menanam jamur ini bahwa untuk mendapatkan sesuatu, diperlukan suatu perjuangan. Anak-anak juga akan lebih mengenal dunia kewirausahaan pada usia dini sehingga dapat menjadi bekal yang bagus saat mereka sudah dewasa nantinya. Jadi, tunggu apa lagi, langsung saja cek di Tokopedia, Shopee dan Blibli kami!

Sumber: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember Tahun 2019

Image by: istockphoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »