Pengganti MSG Terbuat Dari Jamur Tiram

Apa itu MSG?

Monosodium glutamat atau yang kita kenal sebagai MSG merupakan penguat rasa yang umum digunakan pada berbagai jenis makanan. BPOM belum menyebutkan dengan jelas batas penggunaan MSG pada makanan sehingga masih terdapat tafsir yang berbeda diantara masyarakat berapakah jumlah yang diperbolehkan.

Penggunaan MSG yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh manusia. Berdasarkan beberapa penelitian, masalah yang dapat timbul adalah permasalahan sistem reproduksi, kerusakan ginjal, penurunan kemampuan kognitif, peningkatan resiko obesitas dan diabetes, gangguan sistem saraf dan Chinese restaurant syndrome.

Pengganti Alami MSG

Dikarenakan efek negatif yang begitu banyak, harus ada produk alternatif penyedap yang lebih sehat dan diproduksi dengan teknologi yang sederhana. Jamur tiram menjadi salah satu bahan alternatif terbaik untuk dibuat menjadi penyedap rasa.

Jamur tiram kaya akan protein, serat, protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Tidak hanya itu, jamur tiram juga tinggi atas asam glutamat. Kandungan asam glutamate pada jamur tiram adalah 53,3 g/100 g sehingga sangat cocok untuk dijadikan pengganti MSG konvensional.

Praktik Lapangan

Kualitas sensori menjadi salah satu atibut penting dalam penerimaan suatu makanan oleh masyarakat. Terkhusus lagi di rumah sakit, dimana banyak orang berpendapat makanan rumah sakit itu tidak enak. Peningkatan rasa di rumah sakit, terbukti dapat mempercepat masa rawat, meningkatkan asupan gizi serta status kesehatan. Rasa, aroma, dan tekstur makanan merupakan parameter kepuasan. Hal ini tidak hanya berlaku di rumah sakit, tetapi pada makanan secara umum.

Dalam sebuah penelitian tentang kepuasaan pelanggan terhadap makanan yang diberikan penyedap jamur. Dari hasil penelitian tersebut, kaldu jamur lebih cocok digunakan untuk makanan atau lauk yang tidak mengandung kuah seperti satai telur, tempe bacem gurih dan nila goreng. Penggunaan penyedap jamur pada makanan berkuah menghasilkan endapan bumbu yang setelah dipanaskan akan menimbulkan sensasi yang kurang enak pada mulut.

Adanya sensasi matang disebabkan oleh penyedap yang kurang larut sehingga terbentuk endapan. Cara yang paling optimal untuk meningkatkan hal tersebut adalah dengan menggunakan teknologi spray dryer, di rendam dalam asam asetat atau modifikasi saat proses penepungan sehingga dapat menghasilkan makanan berkuah yang dapat diterima.

Tertarik untuk Mencoba Sendiri?

Apabila ingin mencoba mengganti MSG dengan penyedap jamur, Mushome menyediakan kaldu atau penyedap jamur non-MSG yang terbuat dari jamur tiram segar dan bahan-bahan pilihan lainnya. Diproses dengan teknologi mutakhir sehingga cocok baik untuk makanan berkuah maupun non-kuah. Kalian bisa cek produk kita di Tokopedia, Shopee dan Blibli.

Sumber:Jurnal Gizi, 11(1), 44-47.
Image by: istockphoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »