Bukan Sayur atau Buah itulah Jamur

Jamur yang menjadi inspirasi jamur di game super mario
Jamur bukan Sayur – Foto Jamur Super Mario

 

Cimahi – Selama ini banyak orang bingung mengelompokkan jamur sebagai buah atau sayur. Secara teknis, jamur ternyata tidak termasuk keduanya.

Dilansir dari Best Food Facts (30/09), Alice Henneman selaku ahli gizi dan keamanan pangan di Universitas Nebraska-Lincoln, Amerika Serikat mengatakan jamur termasuk golongan fungi. “Jamur tidak memiliki daun, akar, ataupun biji. Bahkan tidak butuh cahaya untuk tumbuh. Karenanya jamur bukan sayuran sesungguhnya,” jelas Henneman.

 

Apa yang dimaksud sayuran jamur?

Sayuran jamur secara ilmiah bukanlah tumbuhan, tetapi bagian cendawan dapat dimakan sehingga digolongkan sebagai sayuran. Sayuran jamur yang baik adalah yang masih muda, bersih dan tidak ada bagian yang rusak terkena hama atau busuk. Contohnya jamur merang, jamur kancing, jamur tiram dan jamur kuping.

 

Apa yang dimaksud dengan jamur?

Jamur adalah organisme kecil, umunya mikroskopis, eukariotik, berupa filament (bening), bercabang, menghasilkan spora, tidak mempunyai klorofil, dan mempunyai dinding sel yang mengandung kitin, selulosa

Meskipun secara klasifikasi biologi, jamur ada dalam kelompok/kerajaan yang berbeda dengan sayuran, namun Departemen Pertanian Amerika Serikat tetap mengelompokkan jamur ke dalam sayuran. Hal ini karena nutrisi jamur menyerupai nutrisi yang ditemukan pada sayuran lain. Sebuah penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan jamur memiliki zat gizi mirip dengan biji-bijian.

 

Kandungan Nutrisi Jamur

Kandungan nutrisi pada jamur tergantung pada jenisnya. Namun, secara umum, jamur tergolong rendah lemak dan kolesterol serta mengandung protein, vitamin, mineral, dan serat.

Dalam 100 gram jamur shiitake, mengandung beberapa nutrisi berikut ini:

  • 2,4 gram protein
  • 14 miligram magnesium
  • 243 miligram kalium
  • 0,2 miligram vitamin B6
  • 32 mikrogram folat
  • 76 miligram fosfor

Jamur juga menyediakan beberapa nutrisi penting. Berdasarkan laman Medical News Today, jamur kaya akan vitamin B seperti riboflavin (B2), folat (B9), tiamin (B1), asam pantotenat (B5), dan niasin B3). Vitamin B membantu tubuh untuk mendapatkan energi dari makanan, dan mereka membantu membentuk sel darah merah. Sejumlah vitamin B juga tampaknya penting untuk otak yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »