Cek! Spatulamu ada jamur, gak?

MucyGengs, suka sebel sendiri kalau mau masak tiba-tiba ada rambuh-rambut putih halus di spatulanya, gak? Akhirnya harus dicuci dulu sebelum dipakai. Itu sebenernya adalah jamur yang tumbuh di spatula kamu. Apalagi kalau spatula kamu terbuat dari kayu. Wah, siap-siap ekstra perawatannya. Tapi, tenang aja cek tips dari kita, ya!

jamur di spatula

Peralatan masak dari kayu dianggap sebagai alat masak yang paling baik. Selain kokoh dan tahan lama, alat masak dari kayu juga baik untuk kesehatan. Mereka adalah bahan yang paling kecil kemungkinannya untuk mentransfer bahan kimia pada masakan selama proses pemanasan.

Mereka juga paling aman untuk tidak mengikis panci atau wajan anti lengket yang banyak bahan kimianya. Karena apabila terkonsumsi dalam waktu yang lama akan meningkatkan resiko penyakit. Namun, sebaik-baiknya sebuah spatula kayu, pasti ada kekurangannya juga. Ternyata, media kayu adalah media yang paling mudah untuk jamur berkembang hidup, lho.

Tapi tetap kalem ya, jangan langsung buru-buru dibuang spatula kayunya.

tips membersihkan spatula bebas jamur

  • cuci setelah digunakan, jangan tunggu-tunggu nanti. Karena bisa saja sisa makanan menjadi sumber nutrisi untuk spora jamur yang ada di spatula.
  • rendam di air panas akan membantu membunuh spora jamur di spatula. Kalau kamu merasa kurang, merebus spatula adalah pilihan yang baik.
  • rendam di larutan cuka yang asam akan menghambat pertumbuhan jamur pada spatula.
  • cuci dengan garam dan lemon dapat menjadi ektsra perawatan setelah direndam dalam air panas. Spatula kayu menjadi tidak rentan.
  • cuci dengan baking soda jika penggunaa garam dan lemon sudah tidak dapat menolong kamu.
  • keringkan segera! air dan lingkungan yang lembab menjadi kunci pertumbuhan jamur. Pastikan spatula kering sebelum disimpan.
  • cek kelembapan dapur kamu, jangan sampai masalahnya ternyata ada di rumah kamu. Ventilasi dapur juga penting, lho.

Nah, kamu jangan panik kalau ada rambut-rambut putih halus yang tumbuh di spatula kamu. Kuncinya adalah spatula kamu bersih dan kering. Karena jamur suka sekali dengan lingkungan lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »