Keripik dan Kerupuk, apa bedanya?

Tim kerupuk vs tim keripik

Sebagai masyarakat Indonesia kita sudah terbiasa dengan makanan yang dihidangkan dengan komplemen yang banyak. Tidak jarang, sekali makan bisa 3-5 lauk akan disajikan bersamaan. Tidak hanya lauk, kerupuk sering dijadikan pelengkap untuk makan. Namun, keripik bisa jadi pilihan jika kerupuk kita kosong.

Kerupuk dan keripik, dua nama yang sudah tidak asing bagi kita. Apakah kedua hal ini sama? Oh, tentu tidak sama untuk keduanya. Lalu apa bedanya antara kedua makanan ringan tersebut?

keripik vs kerupuk

Berdasarkan Badan POM, kerupuk diartikan sebagai makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung yang dapat dicampur atau tidak dengan bahan pangan lain, seperti ikan, udang, sayuran, dan buah. Adonan tersebut kemudian dikukus dan diiris tipis untuk kemudian dikeringkan.

Sementara keripik adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan baku yang dipotong tipis kemudian dikeringkan. Bahan bakunya dapat berupa umbi, sayuran, dan buah. Persamaan kedua makanan ini adalah keduanya digoreng pada proses akhir pembuatannya.

Keduanya memiliki tekstur yang renyah dan kering. Pada kerupuk, pati sebagai bahan baku yang menentukan apakah kerupuk akan mengembang atau tidak. Pati yang biasanya digunakan dapat berupa pati singkong, pati sagu, dan pati terigu.

Pada keripik terbagi menjadi dua, yaitu tanpa tepung dan menggunakan tepung. Mereka yang tanpa tepung biasanya terbuat dari buah dan umbi-umbian, seperti dari apel, singkong, kentang, dan nangka. Sedangkan mereka yang menggunakan tepung biasanya terbuat dari sayur dan jamur, seperti keripik Mushome.

Kerupuk dan Keripik, apa bedanya?

Meskipun kerupuk dan keripik hampir memiliki tekstur yang hampir mirip, ternyata keduanya tidaklah sama. Kerupuk kebanyakan memiliki rasa yang gurih dan asin. Sehingga cocok untuk dimakan sebagai pelengkap makan sehari-hari.

Berbeda dengan keripik yang memiliki varian asin gurih dan manis. Jenis dengan varian asin gurih tentu bisa dijadikan pengganti kerupuk, seperti emping, keripik jamur, dan keripik bayam. Keripik varian manis seperti keripik apel dan keripik pisang tidak mungkin dimakan barengan dengan nasi.

Jadi, kamu tim kerupuk atau tim keripik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »