Jamur Ling Zhi si Antikanker dan Penyehat Liver

Jamur Ling Zhi si Antikanker dan Penyehat Liver

Jamur Ling Zhi atau kadang dikenal dengan nama Reishi (Ganoderma lucidum) merupakan jamur yang memiliki beragam manfaat. Antara lain anti-inflamasi atau peradangan, meningkatkan sistem imun, memperbaiki mental, dan dapat memperpanjang umur.

Jamur Ling Zhi dikenal sebagai raja dari segala jamur. Dalam budaya Tiongkok, nama jamur ini diartikan kesuksesan, kesehatan, kekuatan, dan keabadian. Jamur Ling Zhi sangat populer dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) sebagai tumbuhan adaptogen yang dapat mengurangi penyakit yang disebabkan oleh stress, seperti peradangan, penghambatan saluran darah, dan hormon yang tidak seimbang.

Jamur Ling Zhi juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat melawan kanker, penyakit autoimun, penyakit kardiovaskular, alergi, infeksi, dan lain-lain.
Jamur Ling Zhi pada umumnya dapat ditemukan di beberapa negara di Asia, seperti Tiongkok, Korea, dan Jepang. Jamur ini dapat dimakan namun memiliki rasa yang cukup pahit dan tekstur yang keras, dan umumnya dijual dalam bentuk suplemen dan bubuk.

Jamur Ling Zhi tumbuh di atas tanah dan memiliki tubuh buah yang dihasilkan oleh misellium, yang dapat dimanfaatkan sebagai obat, perasa, teh, bubuk, atau ekstrak. Menurut tradisi TCM biasanya jamur reishi dikeringkan, dipotong atau diiris, lalu dipanaskan di air panas untuk membuat teh atau sup.

[siteorigin_widget class=”WP_Widget_Media_Image”][/siteorigin_widget]

Pada sekarang ini, Jamur Ling Zhi diolah dengan cara diproses melalui teknik pemanasan bertekanan tinggi untuk mengaktifkan bahan yang akan diekstrak untuk membentuk tincture (obat yang dilarutkan dalam alkohol).

Beberapa studi telah membuktikan bahwa Jamur Ling Zhi dapat melindungi tubuh dari penyakit. (1)

Seperti peradangan, sindrom kelelahan (chronic fatigue syndrome), infeksi (jalur urinasi, bronchitis, infeksi pernapasan, dan lain-lain), gangguan padaa hati, alergi makanan dan asma, masalah pencernaan, maag, sindrom kebocoran usus), tumor, kanker, penyakit kulit, autoimun, diabetes, virus (flu, hepatitis, HIV/AIDS), penyakit kardiovaskular, hipertensi, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, insomnia, stress, dan depresi.

Hal ini dapat terjadi karena Jamur Ling Zhi berperan sebagai imun modulator yang dapat menstabilkan hormon dan mengembalikan tubuh ke dalam keadaan homeostasis, memperbaiki sistem imun, regulasi variasi fungsi sel dan sistem termasuk hormon endokrin, sistem digestif, dan lain-lain.

Jamur Ling Zhi mengandung gula kompleks berupa beta-glukan, sterol tanaman yang berperan sebagai prekursor hormon di tubuh, polisakarida yang dapat melawan sel kanker dan komponen asam yang berupa triterpen yang dapat menonaktifkan respon tubuh terhadap alergi. (2)

Jamur Ling Zhi juga mendorong produksi sel pembunuh natural (NK cells) yang dapat membunuh sel mutasi pada tubuh sehingga sangat diperlukan sebagai treatment alami kanker dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Mekanisme penyembuhan oleh Jamur Ling Zhi dilakukan dengan mengaktifkan reseptor sitotoksin (NKG2D/NCR), menghambat poliferasi sel, menekan faktor pertumbuhan endotel vaskular, meningkatkan kapasitas plasma antioksidan, meningkatkan respon imun, dan mengubah kelebihan testosterone menjadi dihidrotestosterone. (3)

[siteorigin_widget class=”WP_Widget_Media_Image”][/siteorigin_widget]

Enam bukti manfaat Jamur Ling Zhi :

1. Membantu melawan sel tumor dan kanker

Jamur Ling Zhi dapat berperan seperti makanan anti-inflamasi lainnya karena mengandung antioksidan seperti polisakarida dan triterpenoids, beta-glukan, dan asam amino. Polisakarida yang terkandung dalam Jamur Ling Zhi diyakini memiliki manfaat yang paling tingi karena bersifat larut dalam air dan terdapat dalam karbohidrat pangan yang memiliki kemampuan anti-tumor. (4)

Polisakarida dan triterpenoid dapat berperan sebagai modulator imun dan dapat melindungi DNA dan menghentikan mutasi sel. Polisakarida mengandung antioksidan, neuro-protective, radio-protective, anti-diabetes, anti-osteoporosis, dan anti-asma. (5)

Triterpen memiliki warna yang terang dan rasa yang pahit yang umumnya ditemukan pada makanan yang kaya akan antioksidan. Triterpene dapat menghambat tumor dan metastasis dengan menghambat sel kanker menyerang sel endotel. (6) Beta-glukan juga dapat menyebabkan sistem imun menjadi semakin aktif.

Jamur Ling Zhi secara sukses telah dapat melawan kanker payudara, ovaries, prostat, hati, paru-paru, dan lain-lain. (7) Hal ini dikarenakan Jamur Ling Zhi dapat mengefektifkan pengobatan pada waktu kemotrapi dan radiasi.

Penelitian di pasien kanker, ditemukan bahwa Jamur Reishi dapat berperan sebagai antiproliferatif dan efek kemopreventif. Yang membantu meringankan efek dari kemoterapi dan radiasi seperti mual, sistem imun lemah, dan lain-lain. (8)

2. Meningkatkan fungsi hati dan detoksifikasi

Fokus TCM pada tubuh manusia adalah kesehatan hati, karena hati berperan dalam membersihkan, memproses, menyimpan, dan mensirkulasi kesehatan darah dan nutrisi. Herbal adaptogen seperti Jamur Ling Zhi dapat membantu menyeimbangkan tubuh karena membantu memperkuat sistem pencernaan ketika nutrisi tidak tercukupi.

Adaptogen dapat meningkatkan fungsi hati karena dapat membuang racun dari tubuh secara efektif. Jamur Ling Zhi juga dapat menginduksi efek hepatoprotektif yang dapat mencegah penurunan fungsi hati. (9)

3. Menjaga kesehatan jantung dan menyeimbangkan tekanan darah

Triterpen dapat menurunkan tekanan darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Riperten dapat mengurangi inflamasi pada saluran darah dan arteri sehingga hormone menjadi seimbang. (10)

Ketidakseimbangan hormon terkadang dapat menyebabkan tekanan darah yang tinggi sehingga menyebabkan stress. Jamur Ling Zhi yang dapat merendahkan tekanan darah dapat melancarkan sirkulasi darah, mencegah tejadinya penyumbatan yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. (11)

4. Menyeimbangan hormon

Jamur Ling Zhi berfungi sebagai adaptogen, jamur ini dapat membantu tubuh mengatasi stress lebih baik dan mengontrol hormone untuk memperbaiki kesehatan. Penelitian mengindikasikan ekstrak jamur Ling Zhi dapat menormalkan tingkat hormone yang berpengaruh pada pencegahan kanker (12)

Penelitian lain juga menunjukkan jamur Ling Zhi melindungi dan menyehatkan sistem endocrine. Sistem yang bertugas memproduksi hormone di (13). Kesehatan sistem endocrine sendiri berpengaruh pada metabolism, pertumbuhan badan, tidur, mood dan gairah seksual

5. Melawan alergi dan asma

Kandungan triterpen yang berupa asam ganoderik dapat mengikat dan menurunkan alergi dan reaksi histamin yang dapat menyebabkan asma. Sehingga Jamur Ling Zhi dapat dimanfaatkan sebagai obat alami asma. (14)

Triterpen dapat mengurangi reaksi alergi karena triterpen yang mempengaruhi sistem imun, menguatkan organ pencernaan, proteksi lapisan usus, menurunkan inflamasi, menghambat produksi histamine, meningkatkan utilisasi oksigen, dan menaikan fungsi hati. (15)

6. Menurunkan resiko dari infeksi virus

Jamur Ling Zhi dapat bermanfaat sebagai antivirus, antibakteri natural, dan antifungal. (16)  alami Triterpen juga dapat mencegah infeksi mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan fungal. (17) Triterpen pada umumnya ditemukan pada makanan yang berasa pahit.

Triterpen dapat melawan bakteri jahat pada organ pencernaan dan memperbanyak bakteri baik. Jamur Reishi telah digunakan untuk melawan penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti infeksi saluran urin, infeksi pernapasan atau sinus, hepatitis, bronkitis, HIV/AIDS. . (18,19)

[siteorigin_widget class=”WP_Widget_Media_Image”][/siteorigin_widget]

Bagaimana cara mengkonsumsi jamur Ling Zhi

Jamur Ling Zhi dapat saja dikonsumsi secara langsung bersamaan dengan meminum air, namun dapat juga dilakukan dengan mencampurkannya dengan makanan yang mengandung vitamin C, sehingga membantu untuk menyerap bahan aktif yang ada.

Jamur Ling Zhi dapat dibeli dapat bentuk utuh atau ekstrak. Terdapat berbagai tipe produk Jamur Ling Zhi yang tersedia dengan level komponen bahan aktif yang berbeda-beda yang tergantung dari faktor induk tanaman, kondisi pertumbuhan, dan metode proses ekstraksi yang digunakan. Jamur Ling Zhi yang paling murni merupakan produk Jamur Ling Zhi yang berasal dari Jepang karena dikultivasi dengan teknik yang baik.

Jamur Ling Zhi sudah dimanfaatkan lebih dari seribu tahun, dan hanya terdapat sangat sedikit efek samping yang dihasilkan. Efek samping berupa gangguan pencernaan dan gatal hanya ditemukan pada orang yang sangat sensitif dan memiliki gangguan pada sistem imun. Jamur Ling Zhi sangatlah aman, efektif, dan sangat dapat ditolerasi oleh kebanyakan orang. (21)

Jamur Ling Zhi aman dikonsumsi oleh orang dewasa dengan dosis tertentu pada satu tahun. Namun Jamur Ling Zhi dalam bentuk bubuk dapat menyebabkan kontaminasi dan meningkatkan kadar racun, sehingga diperlukan perlakuan khusus dari industri yang bersangkutan. Efek samping yang mungkin terjadi adalah mulut kering, tenggorokan kering, terasa perih di daerah hidung atau pernapasan, gangguan pencernaan, mimisan, kulit gatal, feses berdarah.

Jamur Ling Zhi tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui, kecuali telah disetujui oleh dokter yang ada. Jamur Ling Zhi juga tidak dianjurkan dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah pendarahan, seperti baru mengalami operasi, mengonsumsi obat pengatur tekanan darah, dan lain-lain karena Jamur Ling Zhi dapat menurunkan tekanan darah sehingga dibutuhkan pengawasan oleh dokter.

Jamur Ling Zhi juga tidak dapat dikonsumsi secara langsung karena tekturnya keras, Jamur Ling Zhi lebih baik dijadikan teh atau sup, karena Jamur Ling Zhi biasa dimanfaatkan sebagai obat dalam bentuk bubuk dan ekstrak yang mengandung antioksidan tinggi dan dapat meningkatkan

[siteorigin_widget class=”WP_Widget_Media_Image”][/siteorigin_widget]
[siteorigin_widget class=”QT_Recent_Posts_Block”][/siteorigin_widget]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »