Ini alasan kamu nagih ngunyah keripik!

Ini alasan kamu nagih ngunyah keripik!

MucyGeng, di artikel sebelumnya kita sudah bahas tentang perbedaan kerupuk dan keripik. Siapa yang bisa nolak kedua makanan tersebut. Lebih lagi dengan varian rasa yang menggugah selera. Tapi apa karena rasanya kita tidak mau berhenti mengunyah?

Mungkin saja benar karena rasanya. Namun, beberapa penelitian menunjukkan ada variabel lain yang menyebabkan kita nagih buat terus ngunyah keripik.

suara ‘kriuk’ keripik

Tentu tidak terpikirkan bahwa suara kunyahan bisa menjadi alasan kita tidak bisa berhenti untuk mengunyah. Hal ini disebutkan oleh Alan Hirsch, M.D. yang merupakan seorang peneliti aroma dan rasa. “Orang suka cemilan renyah yang bisa menimbulkan suara ‘kriuk’ keras hingga merambat ke telinga bagian dalam melalui konduksi udara dan tulang. Sehingga, dapat membantu kita mengidentifikasi yang dikonsumsi”, kata Alan.

Ternyata suara ‘kriuk’ yang menunjukkan kerenyahan dari suatu produk dapat menjadi adiksi untuk mengunyah. Pernyataan serupa dikatakan oleh Sonic Chips. Suara yang dihasilakn oleh kunyahan menjadi sangat penting sebagai faktor keinginan untuk makan. Semakin keras suara ‘kriuk’, maka semakin ingin untuk terus makan.

permainan alam bawah sadar

Charles Spence, seorang ahli flavor menyebutkan orang dapat menilai kelezatan dan kualitas makanan melalui suara dan tekstur. Hal ini karena otak berstimulasi dengan mengaitkan tekstur dengan kesegaran makanan. Semakin renyah teksturnya, maka kesegaran makanannya akan semakin baik.

Begitu pula ketika kita mengonsumsi makanan yang melempem. Suara yang dihasilkan juga tidak serenyah dari keripik yang masih segar. Alam sadar kita kemudian akan berpikir makanan ini sudah tidak segar dan tidak mau melanjutkan makan. Alam sadar sangat memainkan pola makan kita dengan variabel sederhana seperti suara kunyahan.

garam dan efeknya

Selain suara ‘kriuk’, ternyata garam juga memengaruhi keinginan kita untuk makan. Hal tersebut dilihat dari riset jika garam memicu pelepasan dopamin. Hormon ini akan mengontrol pesan bahagia dalam otak. Dengan mendapat stimulus dari dopamin, maka otak akan terus memintanya.

Walaupun nikmat, kita perlu sadar kandungan gizi dari keripik. Namun, tidak perlu takut dengan nutrisi yang terdapat dalam Mushome Chips! Karena selain enak, juga menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »