Keripik: makanan tidak terduga

Keripik: makanan tidak terduga

Hampir seluruh manusia di dunia pernah mengonsumsi keripik. Bahkan cemilan ini disukai oleh seluruh dunia, maka tidak jarang banyak variasinya. Namun pernah terpikir bagaimana makanan ini tercipta?

berawal karena komplain

Keripik pertama di dunia terbuat dari kentang. Seorang koki berkebangsaan Afrika-Amerika, George Crum membuat keripik kentang secara tidak sengaja.

Crum merupakan seorang koki yang bekerja di restoran mewah bernama Moon Lake Lodge di New York. Ia lahir pada 15 Juli 1824 dan menemukan keripik pada saat umurnya 29 tahun. Pada 1853, olahan keripik akhirnya tercipta karena kekesalannya.

George Crum sehari-hari mengolah kentang menjadi kentang goreng ala Perancis. Olahan kentang Crum memiliki ukuran yang tebal dan dibumbui sebelum di goreng. Karena memang untuk dikonsumsi ala mewah.

Namun, suatu hari ia mendapat keluhan dari pelanggannya. Mereka komplain karena kentang goreng buatan Crum terlalu tebal sehingga kurang sedap dikonsumsi. Crum dapat menerima masukan dari konsumennya.

Crum kemudian menipiskan kentangnya dan membumbuinya sebelum di goreng. Kentang kedua siap disajikan kepada pelanggannya. Namun, sayang olahan kentangnya tersebut masih mendapat keluhan yang sama, terlalu tebal.

Karena tidak sabar, Crum kemudian memotong kentang setipis mungkin sampai tidak dapat dipotong lagi. Dia menggoreng kentangnya dan menyajikannya pada konsumen tersebut. Tidak di duga, kentang tipis tersebut ternyata disukai oleh konsumen dan memuji Crum akan olahannya tersebut.

Makanan tersebut kemudian mulai banyak disukai pelanggan yang lain. Ia kemudian memasukan penemuannya ke dalam menu. Ia menamakannya dengan Saratoga Chips.

perkembangan keripik

Tahun 1860, George Crum memutuskan keluar dari restoran tempat dia bekerja dan merintis restorannya sendiri. Masih dengan menu yang ia temukan, keripik kentang buatannya disukai semua orang. Namun, makanan itu hanya masih dapat diperoleh dari restoran.

Hingga tahun 1895, William Tappendon mengemasi keripik yang ia buat sendiri di rumahnya. Ia mengirim produk tersebut ke beberapa toko lokal di daerah rumahnya, Cleeland, Ohio. Tak diduga, banyak peminat dari produknya Tappendon, sehingga ia mulai membuka pabrik kecil pada gudang tua miliknya. Sehingga tempat tersebut diduga sebagai pabrik keripik pertama di dunia.

Karena produksinya yang lambat, produk Tappendon hanya mampu memenuhi kebutuhan beberapa tempat. Di tahun 1920, mesin pengupas kentang ditemukan. Proses produksi menjadi lebih cepat dan dapat memenuhi kebutuhan skala nasional.

Perkembangannya semakin jauh ketika Laura Scudder menemukan kantong kertas lilin di tahun 1926. Kantong ini mampu menjaga kerenyahan dan tekstur dari keripik kentang. Penemuan ini membuat keripik kentang bisa dinikmati di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »