Makanan Natal Tanpa Melibatkan Daging

Tidak terasa sebentar lagi natal akan tiba. Banyak orang yang menyambutnya dengan penuh suka cita dan juga kemeriahan. Biasanya, diadakan kumpul keluarga sembari menikmati hidangan khas natal seperti beef wellington, chestnut, roast turkey, dan lain-lain. Tradisi mengatakan bahwa makanan-makanan natal harus mewah dan wajib ada dagingnya. Tetapi, bagaimana dengan orang yang tidak mengonsumsi daging (vegetarian dan vegan) atau sedang berusaha mengurangi konsumsi daging. Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Makanan Pembuka

Setiap hidangan (feast) dalam perayaan natal, harus diawali dengan makanan pembuka. Ini merupakan suatu keharusan untuk merangsang nafsu makan dan lidah kita supaya makin siap saat hendak menikmati hidangan utama. Makanan pembuka tidak boleh teralu berat dan mengenyangkan, cukup berikan hal yang sederhana saja seperti: bayam dan selai mentimun apabila ingin yang dingin. Tetapi, di kondisi yang sedang tidak menentu ini, dan sedang memasuki musim hujan sehingga suhu turun. Sup butternut squash hangat juga cocok untuk menghangatkan tubuh dan mempersiapkan diri sebelum menikmati hidangan utama yang tak kalah lezat

Untuk kalian yang ingin memiliki prinsip belum makan kalau belum pakai nasi, lemon asparagus risotto sangat cocok untuk dikonsumsi. Rasa kecut dari lemon dan renyahnya asparagus yang dipanggang, dipadukan dengan olahan nasi khas Italia membuat kalian semangat untuk menyantap hidangan selanjutnya.

Makanan Utama

Kalian yang masih ingin merasakan makan daging tapi tidak pakai daging selama malam natal, vegan meatloaf dapat menjadi solusi yang tepat. Meatloaf yang biasanya terbuat dari daging, kali ini terbuat dari chickpea dan jamur shiitake ditemani dengan kentang tumbuk vegan serta kacang hijau menjadi makanan utama yang nikmat. Untuk orang Asia, ada makanan alternatif yang terinspirasi dari ayam kung pao. Tetap mengambil bumbu kung pao yang lezat, tetapi bahan utama yang digunakan bukanlah ayam, melainkan brussel sprout yang lebih sehat dan memberikan kesan natal yang lebih melekat.

Jika anak-anak ingin makanan yang lebih dikenal oleh lidah mereka, spaghetti dan “bola daging” merupakan alternatif yang paling keren. Bola daging yang terbuat dari campuran chickpea dan kedelai menghasilkan rasa yang luar biasa dan memberikan gizi yang lebih baik untuk anak-anak kalian karena tinggi akan protein dan serat.

Makanan Penutup

Sebagai makanan yang menutup acara tersebut, ini tentu harus menarik dan dapat membuat semua teman atau keluarga yang datang senang dan akan datang kembali. Sebetulnya banyak sekali pilihan pencuci mulut yang enak. Untuk rekomendasi yang memberikan kesan natal terbaik adalah cheesecake vegan dengan saus cranberry diatasnya. Rasa lembut, manis dan creamy dari cheesecake tersebut yang dipadukan dengan saus cranberry yang asam menjadikan ini kombinasi yang tak boleh dilewatkan.

Minuman dan Cemilan

Kurang afdol rasanya kalau undangan tidak diberikan minuman dan cemilan saat sedang berkumpul bersama, merayakan asiknya euphoria natal. Dalam sebuah blender, campurkan kacang mete, kurma, almond, satu atau dua buah ara, dan susu. Ini merupakan minuman sehat yang cocok untuk kalian. Perihal cemilan, kalian bisa menyediakan Mushome Chips berbagai varian yang telah disiapkan dalam toples atau wadah besar. Ini merupakan camilan sehat yang merupakan sumber protein alternatif dan lebih sehat dibandingkan dengan keripik pada umumnya,

Tidak ada batasan dalam menentukan menu natal yang cocok untuk lidah keluarga atau teman kalian. Mix and Match saja resep yang sudah ada untuk menemukan kombinasi yang menurut kalian dapat membuat tamu undangan senang dan akan kembali lagi di natal yang akan datang. Ingat, ini merupakan acara special yang hanya ada 1 tahun sekali sehingga tidak boleh dilewatkan momennya.

Sumber:delish.com
image by:unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »