Negara Penghasil Jamur Terbanyak

Negara Penghasil Jamur Terbanyak

Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang paling populer dan sering digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Beberapa negara dikenal sebagai produsen jamur terbesar baik untuk konsumsi dalam negeri maupun ekspor. Berikut beberapa negara penghasil jamur terbesar di dunia.

Tiongkok

Tiongkok adalah penghasil jamur terbesar di dunia. Menurut statistik FAOstat, bagian Tiongkok dari produksi jamur dunia adalah sekitar 75 persen. Jamur tiram (Agaricus bisporus) merupakan jenis jamur yang paling banyak diproduksi di Tiongkok, dengan produksi tahunan sekitar 26 juta ton. Selain itu Tiongkok juga memproduksi jamur lain seperti jamur matsutake, jamur merang dan jamur enoki.

Amerika Serikat

Setelah Tiongkok, Amerika Serikat adalah salah satu produsen jamur terbesar. Data menunjukkan bahwa produksi jamur di Amerika Serikat sekitar 1,2 juta ton per tahun. Negara bagian Pennsylvania adalah pusat produksi jamur terbesar di Amerika Serikat, terhitung sekitar 60% dari total produksi. Jamur tiram adalah jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di Amerika Serikat.

Italia

Italia terkenal dengan kelezatan kulinernya dan jamur memainkan peran penting dalam masakan tradisional di sana. Faktanya, Italia adalah produsen jamur terbesar di Eropa. Menurut statistik terbaru, Italia menghasilkan sekitar 250.000 ton jamur per tahun. Jamur Porcini adalah salah satu jenis jamur yang paling terkenal dan paling banyak diproduksi di negara ini. Selain itu, jamur lain seperti truffle dan jamur kancing juga dibudidayakan di Italia.

Belanda

Belanda juga masuk dalam daftar negara penghasil jamur terbanyak di dunia. Produksi jamur di Belanda sekitar 310.000 ton per tahun. Negeri ini terkenal dengan budidaya jamur tiram yang canggih dan modern. Jamur tiram merupakan jenis jamur yang paling banyak diproduksi di Belanda.

Polandia

Polandia juga memiliki industri jamur yang signifikan. Data menunjukkan bahwa Polandia menghasilkan sekitar 250.000 ton jamur per tahun. Jamur Borowic (Tataka) adalah salah satu jamur paling populer dan paling banyak diproduksi di Polandia. Area seperti Hutan Bialowieza di Polandia dikenal dengan jamurnya yang melimpah.

Negara-negara di atas adalah beberapa negara penghasil jamur terbanyak di dunia. Produksi jamur yang melimpah dari negara-negara ini memberikan kontribusi penting terhadap pasokan jamur global dan keberlanjutan industri jamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »