5 Rekomendasi Makanan Vegan untuk Diet Sehat

meatless kingdom

Makanan vegan menjadi salah satu alternatif makanan untuk diet.

Hal ini dikarenakan menurut banyak ahli kesehatan, makanan vegan mampu membantu menurunkan berat badan, mengontrol gula darah dan baik untuk kesehatan jantung.

Definisi makanan vegan sendiri  memiliki sedikit perbedaan dengan makanan vegetarian. Jika makanan vegan diartikan sebagai makanan yang menghindari unsur-unsur hewani seperti susu, madu dan telur. Sedangkan makanan vegetarian masih memperbolehkan makanan  produk sampingan yang tidak melibatkan proses pemotongan hewan. Karena itu bagi mereka yang mengkonsumsi makanan vegetarian, masih bisa  mengkonsumsi susu, telur dan madu yang merupakan produk samping yang berasal dari hewan.

Artikel ini akan lebih memfokuskan pada beragam menu makanan vegan, yang memang lebih mengutamakan makanan yang sama sekali tidak mengandung unsur hewani. Berikutadalah jenis makanan vegan yang baik untuk kesehatan dan juga baik untuk melakukan program penurunan berat badan atau diet :

 

Sate Jamur Tiram.

Pixabay.com

Selain sate kambing, sate ayam dan sate sapi adapula sate jamur.

Sate jamur mungkin masih terdengar asing dikalangan kita. namun perlu diketahui jika jamur adalah sumber nabati yang jika diolah secara benar akan memiliki rasa yang sangat mendekati daging sapi, dari segi tekstur maupun rasa. Sate jamur mengandung akan serat yang dapat membantuk pencernaan saat program diet. Jamur rendah kalori sehingga baik digunakan sebagai makanan pengganti saat diet.

 

Tongseng Jamur.

Pixabay.com

Tongseng jamur sebagai alternatif pengganti makanan tongseng daging saat diet.

Jika sedang menjalankan program diet, namun ingin memakan makanan berdaging seperti tongseng? Salah satu alternatifnya ialah tongseng jamur. Selain rendah kalori juga juga lezat untuk disantap. Selain jamur, juga menggunakan bahan-bahan seperti cabai, tomat, jahe, lengkuas,minyak dan gula. Seperti layaknya pembuatan tongseng daging, hanya saja untuk yang sekarang ini berbahan utama jamur. Kita juga bisa mengkreasikan tongseng jamur sesuai selera dengan menambahkan sayur-sayuran.

 

Crispy Jamur.

Pixabay.com

Crispy jamur tidak kalah lezatnya dengan Crispy daging.

biasanya Crispy dibuat dengan bahan utama daging ayam. Namun kita dapat mengkreasi jamur crispy goreng. Makanan vegan untuk diet yang terbuat dari jamur memiliki kandungan rendah kalori. Tentunya tetap gurih, renyah dan pastinya tetap lezat. Proses pembuatannya pun hampir sama seperti proses pembuatan crispy ayam. Rekomendasi jamur yang digunakan untuk pembuatan crispy yaitu jamur tiram. Tenang saja Crispy jamur tetap gurih dan renyah yang baik dimakan sebagai snack saat program diet. Sebab Crispy jamur merupakan salah satu makanan vegan untuk diet tanpa mengandung unsur hewani.

 

Sup Jamur.

Pixabay.com

Citra rasa sup jamur hampir sama dengan sup daging.

Penggunaan bahan utama sayuran pada sup sudah sering dicoba termasuk menggunakan jamur. Sup jamur sebagai makanan vegan untuk diet sehat yang nikmat dan lezat. Dengan bahan utama jamur serta dilengkapi bahan pendukung seperti wortel dan kentang menambah citra rasa sup yang dibuat. Penggunaan bahan vegan sangat mendukung program diet sehat. Meskipun tidak memasukkan daging, namun jamur juga memiliki tekstur kenyal hampir mirip dengan daging.

 

Nugget Jamur.

Pixabay.com

Beberapa tahun terakhir, nugget menjadi salah satu cemilan pilihan.

Nugget terdiri dari nugget rebus dan nugget goreng dengan bahan utama daging ayam. Namun jika sedang menjalankan program diet ada baiknya mencoba kreasi nugget jamur. Nugget jamur sebagai makanan vegan untuk diet sehat. Penggunaan bahannya pun juga mudah didapatkan yaitu tepung tapioca, bawang, gula, minyak dan bumbu penyedap serta bahan utama jamur. Mencoba kreasi nugget yang terbuat dari bahan utama jamur pasti lebih keren.

Kreasi produk makanan berbahan utama jamur.

Jika malas untuk membuat makanan vegan untuk diet, kami merekomendasikan olahan produk jadi dari Mushome PT Yasa Jamur Sriwijaya. Berbagai varian produk bisa jadi cemilan saat diet diantaranya Mushome Chips, Mushome Nugget, Mushome kaldu jamur serta varian produk lainnya. berbagai koleksi produk makanan yang terbuat dari jamur baik untuk program diet sehat bisa dilihat di website mushome.id

 

Sumber: liputan6 hellosehat cookpad idntimes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »