Jenis Jenis Jamur yang Bisa Dimakan

Tidak semua jenis jamur itu beracun, beberapa bahkan bisa dimakan.

Jamur merupakan jenis tumbuhan yang mengandung protein baik untuk tubuh. Namun untuk mengkonsumsi jamur, ada beberapa macam jamur yang bisa dimakan. Sehingga akan kita ulas beberapa jenis jamur yang bisa dimakan. Umumnya jamur yang tidak bisa dimakan memiliki ciri-ciri berlendir, bau, berkerut, menghitam dan awet lebih dari dua minggu.

Jamur Tiram.

Pixabay.com

Siapa yang tidak kenal dengan jenis jamur yang satu ini yaitu jamur tiram. Jamur ini termasuk kedalam jenis jamur yang bisa dimakan. Uniknya jamur tiram memiliki beberapa jenis pula diantaranya jamur tiram putih, tiram kuning dan tiram pink. Ciri-ciri jamur tiram yaitu lebar seperti paying menyerupai cangkan tiram.

 

Jamur Kuping.

Pixabay.com

Salah satu jenis jamur yang bisa dimakan yaitu jamur kuping. Biasanya jamur kuping diolah bersama sayur sop. Citra raanya yang kenyal, berwarna coklat serta terkstur basah. Salah satu manfaat jamur kuping untuk Kesehatan butuh ialah mengatasi panas dalam.

 

Jamur Kancing.

Pixabay.com

Jamur kancing memiliki bentuk bulat berwarna putih layaknya kancing. Jenis jamur ini sangat cocok dihidangkan untuk masakan pesta. Berbagai manfaat dari mengkonsumsi jamur kancing yaitu menurun kolestrol, menangkal radikal bebas dan menambah sel darah merah.

 

Jamur Porcino.

Pixabay.com

Porcino merupakan salah satu jenis jamur yang bisa dimakan. Bentuk khasnya putih kecokelatan dengan batang tebal. Manfaat utama jamur Porcino dapat meregenerasi antioksida yang tinggi serta mengurangi resiko penyakit saat bertambahnya usia.

 

Jamur Shimeji.

Pixabay.com

Berbeda dengan jamur pada umumnya, jenis jamur yang bisa dimakan ini dinamakan jamur Shimeji. Ciri-ciri jamur Shimeji berbentuk topi yang berwarna cokelat muda. Jamur ini dapat tumbuh tersusun secara banyak. Manfaat yang dapat dirasakan yaitu mengatasi nyeri ulu hati.

 

Jamur Matsukate.

Pixabay.com

Jamur Matsukate termasuk salah satu jenis jamur yang mahal karena hanya dapat ditemukan saat panen dimusim gugur. Olahan kreasi jamur Matsuke dapat dipanggang. Sehingga mengeluarkan aroma khas Matsuke yang bikin ngiler.

 

Jamur Shiitake.

Pixabay.com

Jenis jamur yang bisa dimakan ini memiliki ciri warna cokelat kegelapan. Biasanya masyarakat Jepang mengolah kreasi jamur ini menjadi udon seafood. Manfaat jika mengkonsumsi jamur Shiitake melancarkan sirkulasi darah, mengingkatkan kekuatan tubuh dan Kesehatan jantung.

 

Olahan kreasi cemilan dari bahan utama Jamur.

PT Yasa Jamur Sriwijaya merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi mahanan dari bahan utama jamur. Berbagai olahan jamur siap menjadi cemilan anda diantaranya Mushome Box, Mushome Ships, Bon Mushome, Mushroom Nugget, serta Mushroom Sausage. Untuk info lebih lengkap terkait jenis produk olahan jamur bisa klik disini.

 

Sumber: Klikdokter.com. sayurbox.com, sehatq.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »