5 Rekomendasi Jamur yang Bisa Dimakan, Lezat dan Bergizi!

Tak semua jenis jamur beracun, ternyata banyak juga jenis jamur yang bermanfaat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Berbagai macam jenis menu bisa diolah hanya dengan menggunakan bahan dasar jamur. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Tak jarang juga bagi beberapa kalangan, jamur dikonsumsi sebagai pengganti dari daging. Selain rasanya yang bisa diolah menyerupai daging, jamur pun memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Tapi jangan salah, tidak semua jamur juga memiliki manfaat yang baik dan bisa dimakan. Maka dari itu, yuk kita bahas beberapa jenis jamur yang bisa dimakan, lezat dan bergizi berikut ini.

  1. Jamur Kancing

rekomendasi jamur

Bagi beberapa kalangan, jenis jamur kancing atau agaricus bisporus sudah tidak aneh lagi didengar. Penamaan jamur kancing ini pun diambil karena bentuknya yang menyerupai kancing. Keberadaan jenis jamur yang satu ini mudah ditemukan di pasar tradisional atau pun supermarket mana saja karena sering digunakan sebagai pelengkap dari berbagai jenis makanan. Selain bisa dimakan, jenis jamur yang satu ini pun memiliki khasiat sebagai pembantu menurunkan kolesterol, mencegah radikal bebas dan menambah sel darah merah.

  1. Jamur Kuping

rekomendasi jamur

Jamur kuping atau auricularia auricula-judae dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi panas dalam, menurunkan tekanan darah dan menangkal penyumbatan pembuluh merah. Selain kaya akan khasiat, jenis jamur yang satu ini pun bisa dimakan dan biasa kita temukan di berbagai jenis makanan berat berkuah seperti sup.

  1. Jamur Shiitake

rekomendasi jamur

Jenis jamur shitaake atau lentinula edodes yang satu ini bisa dijadikan sebagai topping makanan. Namun, biasanya juga banyak dipakai dalam olahan masakan jepang. Selain memiliki tekstur yang lembut dan rasanya gurih jenis jamur yang satu ini pun dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan stamina, mengendalikan kolesterol, dan lain-lain.

  1. Jamur Tiram

rekomendasi jamur

Jamur Tiram atau pleurotus ostreatus sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Jenis jamur ini bisa dimakan dan diolah menjadi berbagai jenis makanan yang praktis dan lezat. Namun, masyarakat pada umumnya biasa diolah menjadi jamur krispi. Selain rasanya yang lezat, bagi kesehatan tubuh jamur ini pun memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, dan lain-lain.

  1. Jamur Enoki

rekomendasi jamur

Tidak berbeda jauh dengan jamur shiitake, jamur yang satu ini pun biasa dipakai dalam olahan masakan jepang seperti shabu-shabu dan sukiyaki. Jenis jamur enoki atau flammulina velutipes memiliki bentuk yang menyerupai taoge, berwarna putih dan bentuknya panjang kecil. Sebelum mengolah jamur yang satu ini, jangan lupa untuk memotong bagian akarnya terlebih dahulu. Jamur enoki dipercaya mampu menghambat perkembangan sel kanker pada tubuh.

Sumber: Rumah.com
Image by Pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »