Lezat! Resep Bakso Jamur untuk Anda Si Anti Daging

Bakso merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia dan hampir semua kalangan menyukainya. Namun, sebagian besar di Indonesia biasanya bakso terbuat dari olahan daging, seperti daging ayam dan sapi. Meskipun begitu, kini sebagian masyarakat mulai mengolah bakso berbahan dasar dari tumbuhan seperti jamur. Jamur dianggap memiliki tekstur yang hampir mirip dengan daging pada umumnnya. Sehingga cita rasa yang dihasilkan dari bakso jamur pun tidak kalah lezat dengan bakso daging.

Selain itu, bakso jamur pun biasanya dijadikan sebagai alternatif bagi mereka yang tidak suka mengonsumsi daging. Selain memiliki rasa yang hampir mirip dengan daging, bakso jamur pun dipercaya lebih sehat dari pada bakso daging. Biasanya masyarakat di Indonesia memanfaat jamur tiram sebagai alternatif atau pengganti daging. Seperti yang kita ketahui bahwa jamur tiram memiliki kandungan gizi yang cukup baik, seperti mengandung kalsium, zat besi, vitamin B, dan memiliki kadar protein yang cukup tinggi dengan asam amino yang lengkap yang bisa berdampaik baik bagi masa pertumbuhan. Selain itu, bakso jamur pun bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Bagaimana? Mulai tertarik mencoba menikmati lezatnya bakso jamur?

Meskipun bakso jamur belum dikenali oleh masyarakat luas layaknya bakso daging pada umumnya. Kini beberapa pengusaha pun mulai mengolah bakso jamur agar menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Sehingga, di beberapa daerah Indonesia mulai kita temui outlet yang menjual bakso berbahan dasar dari jamur.

Bagi anda yang tertarik ingin mencoba menikmati lezatnya bakso jamur olahan sendiri, berikut bahan dan cara memasak bakso jamur sederhana yang bisa dicoba di rumah.

Bahan-bahan:

  1. 5 kg jamur tiram yg sudah dibersihkan, dicuci, direbus, dan diperas hingga airnya kering lalu haluskan dengan menggunakan blender
  2. 5 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  3. Penyedap rasa dan garam sesuai dengan selera
  4. 5 sendok teh merica
  5. 3 butir putih telur
  6. 250 gr sagu

Cara Memasak:

  1. Campur jamur, bawang putih, penyedap rasa, garam, merica, dan putih telur.
  2. Aduk hingga merata bahan tersebut.
  3. Kemudian tambahkan sagu apabila bahan tersebut sudah teraduk merata.
  4. Aduk kembali bahan tersebut hingga bisa dibentuk.
  5. Bentuk adonan tersebut sesuai dengan keinginan.
  6. Setelah dibentuk, didihkan air hingga panas.
  7. Masukkan bakso jamur pada air yang sudah mendidih.
  8. Tunggu adonan bakso jamur tersebut hingga mengapung.
  9. Apabila sudah mengapung, itu artinya bakso jamur sudah matang.
  10. Tiriskan bakso jamur.
  11. Jika ingin baksonya ingin lebih kenyal, boleh ditambahkan sagu. Tetapi, kalau tidak mau kenyal cukup kurangi putih telur dan sagu.

Bakso jamur sudah siap dihidangkan. Selamat mencoba!!

Image by istockphoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »