Berbagai Kandungan Nutrisi Pada Jamur Kancing

Pixabay.com

Selain bentuknya yang unik, kandungan nutrisi pada jamur kancing memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kekayaan akan nutrisi menjadikan jamur ini sebagai salah satu jamur yang banyak diminati.

Jamur kancing dengan nama populernya jamur kompus atau champignon merupakan salah satu jamur pangan yang bisa dikonsumsi. Memiliki ciri khas seperti kancing dengan tekstur perpaduan warna putih dengan cokelat muda hampis sebulat kancing. Jamur kancing menjadi salah satu jenis jamur yang banyak di budidayakan diseluruh penjuru dunia. Sebab banyaknya kandungan nutrisi pada jamur kancing menjadikannya sebagai alasan utama tertarik pada jenis jamur ini.

Selayaknya golongan vegetarian seperti sayur yang kaya akan nutrisi serta manfaat. Begitu juga dengan jamur kancing yang kaya akan kandungan nutrisi.

Kandungan Vitamin B

pixabay.com

Jamur kancing memiliki kandungan vitamin B2 dan B5.

Vitamin B2 sangat bermanfaat bagi Kesehatan hati. Sedangkan vitamin B5 membantu proses produksi hormone didalam tubuh. Saran untuk mengkonsumsi jamur kancing sesuai anjuran Kesehatan yaitu secangkir jamur atau setara dengan 1,4 miligram vitamin B5. Perbedaan fungsi antara kedua jenis vitamin B pada jamur kancing ialah vitamin B2 lebih bermanfaat pada produksi energi dan Kesehatan kulit. Sedangkan vitamin B5 dimanfaatkan untuk produksi koenzim dan sel darah merah.

Kandungan Protein

pixabay.com

Tubuh sangat perlu sumber energi, enzim dan hormone maka dari itu perlu nutrisi protein.

Salah satu cara mendapatkan protein ialah dengan mengkonsumsi jamur kancing. Jamur kancing memiliki kandungan protein yang mendukung sistem kekebalan tubuh manusia. Biasanya jamur kancing memiliki kandungan protein sebanyak 2,89 gram. Tentunya sangat menguntunkan bagi siapa saja yang mengkonsumsi jamur kancing dengan jumlah batas konsumsi yang wajar.

Kandungan Karbohidrat

Istock

Karbohidrat merupakan salah satu kandungan nutrisi pada jamur kancing.

Rata-rata jumlah karbohidrat mencapai 5 gram. Manfaat karbohidrat bagi Kesehatan tubuh ialah memberikan nutrisi dan energi yang berguna untuk stamina dalam menjalankan aktivitas harian. Biasanya karbohidrat banyak ditemukan pada jagung dan gandum tapi kali ini karbohidrat juga ditemukan pada jamur kancing.

Kandungan Kalsium

pixabay.com

Mengutip dari laman US Department of Agriculture bahwa jamur kancing menyimpan kandungan kalsium sebanyak 5 gm.

Dalam jumlah yang besar kalsium sangat mudah didapatkan dalam jamur kancing. Kandungan kalsium pada jamur kancing bermanfaat untuk Kesehatan tulang dan gigi. Tidak hanya itu kalsium pada jamur kancing sangat membantu proses pelepasan hormon, mendukung pergerakan otot dan yang pastinya Kesehatan otak. Namun perlu di tekan Kembali bahwa mengkonsumsi jamur kancing ada batas wajarnya agar tidak menimbulkan efek samping pada tubuh.

Kandungan Zat Besi

pixabay.com

Sama seperti jenis vegetarian, jamur kancing juga memiliki kandungan zat besi.

Kandungan zat besi atau dikenal dengan symbol Fe sangat penting untuk membantu proses perpindahan oksigen dalam tubuh. Zat besi bermanfaat bagi sel darah merah proses dari paru-paru hingga menyebar ke berbagai jaringan sel tubuh. Jika kekurangan zat besi akan berdampak pada Kesehatan tubuh seperti lemas, sulit konsentrasi serta sulit mengontrol emosi. Sehingga pentingnya nutrisi zat besi bagi Kesehatan tubuh yang bisa didapatkan pada jamur kancing.

Kandungan Fosfor

pixabay.com

jamur kancing memiliki kandungan nutrisi Fosfor sekitar 93 mg.

fosfor memiliki tugas menjaga Kesehatan otot dan saraf. Fosfor juga dimanfaatkan terhadap detakan jantung agar tetap teratur. Kesehatan saraf sangat penting dijaga karena menghubungkan antara otak hingga keseluruh jaringan tubuh. Jika kekurangan fosfor akan menyebabkan gejala Lelah, nyeri sendi hingga nyeri otot. Pentingnya fosfor bagi Kesehatan tubuh yang bida didapatkan dari mengkonsumsi jamur Kancing.

Kandungan Kalium

pixabay.com

Jamur merupakan salah satu vegan yang memiliki banyak kandungan nutrisi kalium sebesar 243 mg.

Kalium memiliki peran penting dalam mencegah penyakit dalam seperti penyakit pembuluh darah, tekanan darah tinggi, jantung hingga stroke. Pentingnya kalium menjaga area inti tubuh seperti darah, jantung, saraf dan otot. Oleh karena itu untuk mendapatkan kandungan nutrisi kalium dapat dengan mengkonsumsi jamur Kancing. Selain enak jamur kancing memiliki segudang kandungan nutrisi yang baik untuk Kesehatan tubuh.

Ingin merasakan kelezatan jamur hingga manfaat yang didapatkan?

Rekomendasi varian olahan jamur menjadi berbagai macam produk makanan seperti nugget jamur, bon jamur, sosis jamur, siomai jamur hingga dendeng jamur. Berbagai varian baru dari Mushome menjadi pilihan anda sebagai makanan enak dan lezat serta kaya akan nutrisi. Untuk info pemesanan dapat mengklik link disini.

 

Sumber: rodeomushroom idnmedis doktersehat sehatq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »