6 Rekomendasi Resep Olahan Jamur Tiram yang Enak versi Mushome

Jamur Tiram Raja Minyak Wijen

Jamur adalah bahan makanan yang sering sekali dipakai dalam berbagai masakan.

Jenisnya juga tidak sedikit, sehingga bisa ada berbagai aneka olahan jamur yang bisa disantap. Dari sekian banyak jamur, kali ini kita akan membahas tentang resep olahan jamur tiram!

Jamur tiram (Oyster Mushroom) adalah jamur yang seringkali digemari dan paling laku oleh masyarakat loh! Kandungannya juga sangat baik untuk tubuh karena tinggi akan protein dan mineral, selain itu jamur ini juga tinggi akan vitamin. Selain banyaknya manfaat dari sisi gizi, rasa jamur tiram juga tidak kalah enak. Sehingga cocok untuk sebagai hidangan dalam berbagai bentuk. Nah, biasanya jamur ini enaknya diolah menjadi santapan seperti apa ya? Yuk simak 6 resep olahan jamur tiram yang bisa kamu bikin!

1. Jamur Tiram Raja Minyak Wijen

Dari gambarnya saja udah enak. 

Dikatakan mirip dengan scallops. Dengan resep tumis jamur dengan minyak wijen pastinya wanginya semerbak langsung tercium!

Jamur Tiram Raja Minyak Wijen

Source and photo by @dada.tastes

Bahan :

  • 1 bungkus king oyster mushroom/jamur tiram raja/ jamur king oyster
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 2 batang daun bawang iris
  • 3 buah cabe rawit iris
  • 3 sdm minyak wijen
  • Garam, gula, lada hitam dan penyedap secukupnya

Cara:

  1. Bersihkan jamur potong jamur , iris petak atas dan bawah jamur .
  2. Panaskan wajan masukkan jamur api sedang bolak balik jamur hingga kecoklatan, angkat dan sisihkan.
  3. Panaskan wajan dengan sedikit minyak tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum.
  4. Masukkan cabe rawit dan jamur aduk rata.
  5. Masukkan garam, lada hitam, penyedap dan gula secukupnya aduk rata.
  6. Angkat tata di piring dan siap disajikan.

 

2. Jamur Crispy

Pastinya sudah tidak asing dong dengan makanan yang satu ini?

Jamur crispy sangat digemari oleh berbagai kalangan, dari anak kecil sampai orang dewasa sekalipun pasti masih suka! Yuk lihat resep olahan jamur tiram yang satu ini.

olahan jamur tiram crispy

Source and photo by @sarongsarie

Bahan:

  • 250gr jamur tiram

Bahan Tepung :

  • 60 gr tepung terigu
  • 40 gr tepung beras
  • 50 gr tepung tapioka
  • 3 bawang putih, haluskan
  • 1 putih telur
  • 150ml air
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • Garam, lada, kaldu bubuk secukupnya

 

Cara:

  1. Cuci bersih jamur, bisa disuwir2 misal terlalu besar, kemudian peras
  2. Campur dalam wadah semua bahan tepung, aduk sampai rata dan halus
  3. Masukkan jamur ke tepung kemudian goreng sampai kecoklatan, gunakan api sedang
  4. Tiriskan dan siap disajikan

 

3. Bakwan Jamur Tiram

Duh kalo makan bakwan bingung mau ditambah apa lagi.

Biasanya cuman pake sayur atau jagung, nah bisa banget nih dicampur jamur. Selain lebih enak, gizi nya pasti lebih tinggi lagi. Teksturnya juga pastinya kenyal cocok untuk dimakan pakai nasi ataupun sebagai cemilan si anak!

resep bakwan jamur tiram

Source and photo by @malichatun88

Bahan :

  • 130 gr Jamur tiram iris kecil
  • 100 gr Jagung manis serut
  • 50 gr Bayam iris kecil
  • 160 gr tepung bakwan instan 
  • 1 butir telur ukuran besar
  • Garam, air secukupnya

 

Cara:

  1. Iris semua bahan
  2. Campur semua bahan, tepung, garam, air jadi satu, aduk rata sambil koreksi rasa
  3. Siapkan minyak goreng secukupnya, celupkan cetakan dalam minyak yg sdh panas, cetakan beri sedikit minyak panas, tuang adonan kedalam cetakan menggunakan sendok makan, celupkan cetakan yg sdh berisi adonan, sambil disiram minyak sampai pinggiran mulai melepas dr sendok sayur, gunakan api sedang cenderung kecil
  4. Keluarkan dari cetakan, dengan bantuan sendok makan, goreng hingga kecoklatan
  5. Sajikan dan nikmati.

 

4. Nasi Bakar Jamur Tiram Pedas

Mau bikin Nasi Bakar tapi bingung pake apa?

Yuk cobain resep olahan jamur tiram pastinya sensasinya kayak makan pake daging beneran loh! 

Resep Nasi Bakar Jamur Tiram Pedas

Source and photo by @yoriakitchen

Bahan (1-2 porsi):

  • 100 gr jamur tiram
  • Segenggam daun kemangi
  • 2 buah cabai keriting
  • 5 buah cabai rawit
  • 1 sdm teri Medan
  • 3 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 1 batang sereh
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1-2 porsi nasi
  • 1 sdm margarin
  • Secukupnya daun pisang
  • Secukupnya garam, gula, merica, dan penyedap

 

Cara:

  1. Ulek bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan cabai rawit lalu tumis bersama sereh, daun salam, dan daun jeruk hingga matang dan harum
  2. Masukkan jamur tiram, beri sedikit air lalu tumis hingga layu
  3. Masukkan daun kemangi dan bumbu bumbu, aduk rata lalu koreksi rasa kemudian sisihkan
  4. Tata nasi diatas daun pisang lalu beri tumisan jamur diatasnya. jika ingin semakin gurih tambahkan margarin diatas nasi
  5. Lipat daun lalu panggang diatas teflon
  6. Siap disajikan

 

5. Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Selain pakai daging ayam atau kambing, ternyata ada pilihan vegetariannya yaitu pake jamur tiram!

Mirip banget loh tekstur dan rasanya, Selebih lagi  kalau ditambah bumbu kacang pastinya orang tidak akan bisa bedain yang mana pakai daging beneran dan jamur.

Resep Sate Jamur Tiram Bumbu Kacang

Source and photo by @maccby_kitchen

 

Bahan:

  • 500 gr Jamur Tiram
  • 1 sdt Garam
  • 700 ml Air Panas
  • 5 sdm Kecap Manis
  • 3 sdm Mentega (cairkan)

Bumbu Kacang :

  • 250 gr Kacang Tanah
  • 4 bawang putih
  • 3 bawang merah
  • 4 cabe merah
  • 7 cabe rawit
  • Garam,gula merah, kaldu bubuk, kecap manis, irisan bawang merah secukupnya

 

Cara:

  1. Cuci bersih jamur tiram, lalu suwir². Usahakan ga terlalu kecil ya suwiran nya, agar tidak susah untuk ditusuk.
  2. Didihkan 700 ml air panas, lalu siramkan keatas jamur, beri garam diamkan selama 10 menit smpe jamur layu, setelah itu baru angkat dan tiriskan.
  3. Peras jamur sampai benar² kesat, , baru setelah itu di bundel² dan ditusuk dengan tusuk sate, satu tusuk berisi 4-5 bundelan.
  4. Celupkan pada campuran Kecap dan mentega cair, diamkan sejenak sambil memanaskan panggangan.
  5. Panggang sate jamur smpe sedikit garing atau sesuai selera tingkat kematangan yang diinginkan.
  6. Lanjut bikin bumbu kacang nya, goreng semua bahan bumbu kacang kecuali garam dkk.
  7. Angkat dan ulek semua bahan bumbu serta garam gula merah kaldu bubuk smpe halus, lalu beri kecap dan potongan bawang merah.
  8. Sajikan sate jamur dgn bumbu kacang.

 

6. Sambal Jamur Tiram

Olahan jamur tiram yang enak dan gampang untuk dibikin untuk makan sekeluarga.

Resep tumis jamur tiram pake sambal ini cuma membutuhkan beberapa bahan aja loh! Cocok kalau semisalnya tidak ada waktu untuk masak tapi ingin makan enak.

Resep Olahan Sambal Jamur Tiram

Source and photo by @ms.tatami

Bahan:

  • 100gr jamur tiram, suwir
  • 1cm terasi bakar
  • Gula, garam secukupnya

Bumbu Rajang:

  •  4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 buah cabai merah besar
  • 7 buah cabai rawit
  • 1/2 tomat sedang

 

Cara:

  1. Tumis bumbu rajang bamer dan baput sampai harum.
  2. Masukkan cabai besar, rawit dan tomat. Aduk2 sebentar.
  3. Masukkan jamur.
  4. Masukkan terasi yang sdh dicampur garam, tambahkan gula, koreksi rasa.
  5. Siap disajikan.

 

Itulah kumpulan resep jamur tiram rekomendasi Mushome, kira-kira MucyGang mau kumpulan resep olahan jamur apalagi nih? Yuk kasih kita saran, jangan lupa untuk komentar ya! Kunjungi terus Mushome untuk dapatkan informasi mengenai jamur dan produk kami yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »