Jamur Tapi Sekelas Dengan Daging, Kok Bisa?

Siapa sangka, ternyata jamur juga merupakan salah satu makanan kelas atas yang selevel dengan daging. Lantas, kenapa mereka bisa datang dengan harga yang sangat mahal? Kenapa mereka begitu diidamkan oleh para pencinta fine dining dan fancy cuisine maupun untuk konsumsi sehari-hari?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, akan kami berikan informasi informasi berdasarkan riset yang telah dilakukan. Selain itu, jamur tersebut bisa di kultivasi dimana, tumbuh dimana, dan juga kenapa mereka bisa sangat mahal. Jadi tanpa berlama-lama lagi, mari kita langsung simak!

8. Jamur Tiram

Merupakan spesies jamur ketiga di dunia yang sering dikultivasi. Jamur tiram mendominasi pasar jamur konsumsi yang ada di dunia. Meski begitu, jamur tiram masih lebih mahal dibandingkan dengan jamur kancing yang saat ini mendominasi pasar barat. Apabila dibandingkan, harga jamur kancing per pound berada di kisaran  $1.45, per pon dan jamur tiram pada kisaran $10-12 per pon dalam kondisi masih segar.

Jamur tiram digemari oleh masyarakat dikarenakan rasa mereka yang delicate, dan teksturnya yang menyerupai daging. Sebagai jamur yang berkembang biak dari sisa-sisa kayu, maka cara untuk mengembangbiakannya juga mudah. Jamur ini bisa dikembangbiakan sendiri dengan menggunakan serbuk gergaji dan medium lain. Mereka juga tumbuh di tempat dengan iklim subtropis.

 

7. Jamur Shimeji

Adalah jamur yang tumbuh di dataran Asia Timur. Jamur ini sangat umum dikultivasi dan telah diekspor ke Eropa, Amerika, dan Australia. Di pasar Amerika, jamur ini dibanderol dengan harga $13-16 per pound dikarenakan masih masuk dalam kategori jamur spesial.

Rasa nutty dan tekstur renyah adalah ciri khas dari jamur ini. Terdapat dua varian yaitu putih dan coklat dan keduanya sama-sama ditumbuhkan secara komersil.

6. Lion’s Mane

Apa ini, jamur ini memang ditumbuhkan di belahan bumi utara sehingga bagi kita.sangat jarang didengar. Jenis ini kerap digunakan untuk makanan dan obat. Saat ini berada di pasar Amerika dengan harga $14-16 per pound dalam keadaan segar. Rasa manis dan sedikit mild dengan tekstur mirip dengan lobster menjadikan jamur ini populer di Amerika Serikat. Dalam segi medis, jamur ini dapat digunakan untuk membantu penderita penyakit Parkinson dan Alzheimer.

5. Jamur Shiitake

Berada di peringkat satu sebagai jamur yang paling sering dikultivasi, jamur ini terkenal akan rasa nutty, smoky, buttery dan mirip dengan daging. Saat ini, harga pasaran dari jamur shiitake di US adalah $15-20 dalam kondisi segar.

Jamur shiitake tumbuh di China dan Jepang, tetapi sekarang sudah ditumbuhkan hampir diseluruh dunia apabila iklimnya mendukung. Jamur ini sangat mudah ditumbuhkan pada serbuk kayu dan media lain yang cocok.

 

4.Chanterelle

Jamur ini sering digunakan sebagai pelengkap untuk beberapa makanan laut seperti kepiting dan salmon. Rasa yang manis, fruity, dan nutty sangat mengkompliment rasa gurih dari ikan dan kepiting. Harga jamur ini cukup mahal karena jamur ini tidak dikultivasi secara umum dan hanya bisa dibeli pada masa panennya saja dalam keadaan segar. Umumnya, jamur ini berkisar antara $30-40 per pound. 

3. Morel

Ditemukan di pelantaran Amerika Utara, Tengah dan Eropa dan Asia. Jamur ini merupakan favorit konsumen yang suka akan rasa earthy, nutty dan teksturnya yang menyerupai daging. Saat ini, jamur ini dibanderol dengan harga $35-50 per pound, tergantung pada pasar dan spesies.

Yang membuat jamur ini mahal adalah tingkat kesulitan mereka untuk dikultivasi. Memang mereka dikultivasi secara indoor. Untuk outdoor hanya ada di Cina tetapi tidak tersebar luas.

2. Porcini

Jamur yang sangat disukai oleh orang Italia karena sering digunakan dalam sup, pasta, bumbu dan bahkan langsung dibakar. Rasa yang kaya, earthy, tekstur yang seperti daging dan ukuran yang besar. Saat ini, porcini dijual dengan harga $40-70 per pound. Porcini biasanya dijual dalam keadaan segar atau beku. Tingkat kesulitan dari kultivasinya ini yang membuat porcini menjadi mahal.

1. Truffles

Siapa yang tidak kenal dengan truffle? Merupakan jamur termahal yang sering digunakan dalam makanan mewah terutama di restoran yang mempunyai Michellin Star. Jamur yang hanya tumbuh di Burgundy, Dordogne, dan Provence di Prancis. Saat ini, truffle dibanderol dengan harga $1,000-$1,500 per pound. Bagi yang sudah pernah mencoba truffle, rasa yang dihasilkan adalah umami, depth, earthy dan musky. Lantas, kenapa mereka begitu mahal. Ternyata masa panennya sangatlah sebentar, sangat susah dicari karena mayoritas dari mereka berada dalam tanah dan sangat susah untuk dikultivasi.

Jadi itulah mengapa jamur bisa dikatakan sekelas dengan daging yang biasanya kita konsumsi sehari-hari. Jadi apa salahnya mengonsumsi jamur sebagai makanan pokok kalian. Coba terapkan sehari dalam seminggu mengonsumsi makanan berbasis jamur. Mushome dan Meatless Kingdom dapat menjadi opsi pertama kalian karena kita menghadirkan pilihan makanan berbasis jamur mulai dari main course hingga cemilan.

Sumber:a-z-animals.com
Image by: unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »