Olahan Jamur, Pilihan Makanan Nikmat Yang Melangsingkan

Pixabay.com

olahan jamur sebagai makanan sehat!!  Kegemukan atau obesitas menjadi masalah yang sering menghantui anak-anak hingga dewasa muda. Berdasarkan data dari kementerian Kesehatan, 13,5% orang dewasa usia 18 tahun ke atas mengalami kelebihan berat badan dan 28,7% diantaranya mengalami obesitas. Selain itu, data riset WHO menyebutkan bahwa kelebihan berat badan dan obesitas lebih sering terjadi pada perempuan daripada laki-laki. Keadaan ini tentu saja menjadi kekhawatiran, bukan hanya sebatas dalam masalah Kesehatan namun juga dalam masalah penampilan tentunya. Penampilan menjadi obsesi tersendiri bagi kamu remaja dan dewasa muda, bagaimana seseorang terlihat dari luar merupakan hal penting bagi mayoritas orang. Oleh karena itu banyak orang berbondong-bondong melakukan diet, mulai dari diet sehat hingga diet menyiksa untuk mendapatkan berat tubuh idealnya.

Beragam metode diet, aneka jenis, aneka bentuk latihan fisik, menu makan sehat, hingga suplemen-suplemen kimiawi bermunculan menjanjikan kesuksesan dalam diet. Begitu berdampaknya masalah obesitas ini, kerap menimbulkan polemic bahkan memunculkan korban dari diet esktrem yang membahayakan Kesehatan. Dari semua jenis diet yang ada, diet sehat dan berkelanjutan adalah pilihan terbaik. Sayangnya, untuk melakukan diet sehat mayoritas orang terlalu terburu-buru hingga merubah kebiasannya secara drastic yang justru membuat dietnya tidak bertahan lama. Padahal, kunci dari diet sehat adalah kesabaran dan konsistensi. Langkah awal yang bisa dilakukan untuk memulai diet sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat daripada sebelumnya. Salah satunya dengan mengganti camilan, jika biasanya menjadikan cilok sebagai camilan bisa diganti dengan olahan jamur yang lebih sehat dengan segudang manfaatnya.

Jamur memiliki banyak jenis dengan bentuk, tekstur, rasa, dan manfaat yang beragam. Selain rasanya yang enak dan cocok dengan berbagai macam olahan mulai dari makanan berat hingga camilan, jamur juga cocok dijadikan sebagai menu pilihan bagi kita yang sedang diet. Para dokter telah membuktikan bahwa jamur mengandung nilai serat yang sangat tinggi sehingga mengonsumsinya dapat membantu mengontrol dan menurunkan berat badan.

Eits, tapi, mungkin masih banyak dari kita yang bingung olahan apa saja yang bisa dibuat dari bahan dasar jamur agar tidak monoton dan membosankan. Beragamnya jenis jamur memudahkan kita untuk mengolahnya loh. Di sini, ada beberapa tips olahan jamur yang bisa dibuat sebagai menu harian maupun camilan sehat teman-teman yang sedang diet.

  1. Rebus
Pixabay.com

Jamur dapat diolah dengan cara direbus. Banyak sekali jenis olahan dan jenis jamur yang bisa dibuat loh. Contohnya sup pedas korea dengan campuran thofu, telur, dan jamur enoki atau sup ayam dengan campuran jamur kuping.

  1. Tumis
Pixabay.com

Jamur juga bisa diolah lebih sehat dengan lebih sedikit minyak dengan cara ditumis. Semua jenis jamur bisa dimasak dengan cara tumis, baik sendiri maupun dengan campuran bahan lain. Jamur bisa dicampur dengan aneka sayuran lain menjadi menu capcay, atau tumisan lain yang lebih simple dengan bahan-bahan yang ada di rumah masing-masing.

  1. Goreng / Bakar
Pixabay.com

Selain menu-menu minim minyak, untuk diet kita juga masih bisa mengonsumsi makanan yang diolah dengan digoreng loh. Tentu saja tidak boleh dikonsumsi setiap hari. Olahan ini bisa dijadikan opsi untuk dikonsumsi 3 hari sekali hingga seminggu sekali selama diet. Teman-teman tentu tidak asing dengan olahan jamur goreng, jamur krispi, hingga keripik jamur. Menu-menu sederhana untuk camilan yang bisa dikonsumsi sesekali. Apabila teman-teman tidak ingin mengonsumsi minyak berlebih, olahan jamur dengan cara dibakar bisa menjadi pilihan. Jamur bisa dibakar dengan pilihan aneka saus kekinian yang dapat menggugah selera.

  1. Olahan
Pixabay.com

Jamur juga bisa diolah menjadi makanan-makanan beku yang bisa disimpan lama loh teman-teman. Jamur bisa diolah menjadi aneka bakso hingga nugget yang jauh lebih sehat dan bisa disimpan sebagai stok dalam waktu yang lama loh.

selain itu terdapat rekomendasi berbagai varian olahan produk jamur mulai dari nugget jamur, jamur chips, bon jamur yang dapat dipesan melalui mushome.id. tentunya produk jamur direkomendasi banget buat kamu yang lagi program diet sehat.

Nah, teman-teman jamur merupakan bahan makanan yang mudah dijumpai dan memiliki banyak manfaat untuk menurunkan berat badan. Banyak sekali olahan yang bisa dibuat dari bahan jamur, mulai dari makanan simple hingga makanan kekinian. Selain itu, jika teman-teman tidak mau ribet memasak, saat ini banyak sekali camilan-camilan jamur yang dijual di pasaran. Bahkan cathering-cathering makanan diet pun banyak bertebaran dimana-mana. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak memulai hidup lebih sehat dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti jamur.

Nur Qomariyah

Admin Mushome 

Sumber: Brilliofood dietsehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »