Manfaat Mengkonsumsi Jamur Merang Bagi Kesehatan Tubuh

XResep.co

Jamur memiliki banyak jenis, salah satunya jamur merang. Di negara kita yang beriklim tropis memudahkan jamur merang tumbuh dan berkembang biak dengan baik. Jamur merang yang memiliki nama ilmiah Volvariella volvacea, dapat dijadikan olahan masakan yang lezat dan bergizi.

Dalam 100 gram jamur merang memiliki kandungan Karbohidrat 0,59 %, Vitamin B-1 0,15 mg, Vitamin C 12,40 mg, Lemak 0,17 %, Protein 5.94 %, Serat 1,56 %, Zat besi 1,9 mg, Fosfor 17 mg, Vitamin B-2 0,75 mg serta Mineral tambahan seperti asam folat, zat tembaga dan kalium. Berbagai kandungan gizi tersebut memiliki manfaat bagi tubuh seperti ulasan berikut ini.

  1. Mencegah Terjadinya Pertumbuhan Sel Kanker

    Pixabay.com

Jamur merang memiliki kandungan yang dapat bermanfaat bagi tubuh sehingga terhindar dari sel kanker terutama kanker payudara dan kanker prostat. Kandungan  tersebut seperti beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi yang memiliki efek karsinogenetik. Beta-glukan berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker prostat. Sedangkan asam linoleat dapat mengendalikan hormon estrogen.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Kolestrol yang berlebihan akan memicu terkena penyakit jantung. Kandungan dalam jamur merang yang memiliki tinggi protein dan rendah karbohidrat dapat membakar kolestrol. Selain itu, dalam jamur merang mengandung kalium yang berfungsi menjaga sistem pembuluh darah. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi jamur merang dapat  memelihara kesehatan jantung anda.

  1. Insulin Alami Bagi Penderita Diabetes

    Pixabay.com

Mengonsumsi jamur merang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Penderita diabetes tidak boleh memiliki kadar gula yang tinggi atau rendah dalam tubuh.  Jamur merang yang mengandung insulin alami serta rendah lemak dan karbohidrat dapat membantu pembentukan insulin dengan jumlah yang sesuai. Selain itu, kandungan anti-biotik pada jamur merang dapat mengurangi infeksi pada luka yang disebabkan oleh diabetes.

Demikian pembahasan manfaat mengonsumsi jamur merang bagi tubuh. Selain murah dan mudah ditemukan, ternyata jamur merang memiliki banyak manfaatnya ya sobat? Anda dapat mengolah jamur merang menjadi masakan tumis yang lezat. Selamat mencoba. selain itu mushome juga menyediakan berbagai varian produk vegetasian yang terbuat dari jamur mulai dari nugget jamur, jamur chips hingga bon jamur. kepoin produknya klin disini.

 

Erlina Fransiska

Admin Mushome

Sumber: sehatq  liputan6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »