Potensi dan Prospek Budidaya Jamur Bagi Masyarakat

Mengetahui cara untuk budidaya jamur bagi masyarakat mampu mendatangkan penghasilan tambahan. Berbagai potensi dan prospek budidaya jamur, mengingat jamur merupakan salah satu vegetarian yang banyak diminati.

Jamur sangatlah popular dikalangan masyarakat. Sebab selain enak dan lezat juga kaya akan kandungan nutrisi. Sehingga terdapat potensi dan prospek budidaya jamur bagi masyarakat sebagai usaha sampingan menambah penghasilan. Berbagai jenis jamur yang bisa dibudidaya diantaranya jamur merang, jamur tiram, jamur kuping, jamur shitake, jamue lingzhai serta jenis jamur lainnya. Jenis-jenis jamur ini sangat terkenal dikalangan masyarakat.

 

Keuntungan Budidaya Jamur

Pixabay.com

Berbagai keuntungan jika masyarakat membudidayakan jamur. Jamur bisa hidup dilimbah organic yang mudah didapatkan dilingkungan sekitar. Selain itu limbah organic yang melimpah juga muran dan mudah untuk digunakan. Proses budidaya jamur bagi masyarakat tidaklah sesulit yang dibayangkan. Hanya perlu sebidang luas tanah sudah bisa memantaatkan peluang budidaya jamur. Jenis jamur yang dibudidayakan dimanfaatkan oleh konsumen selain sebagai pemenuhan konsumsi juga untuk Kesehatan tubuh seperti kaya akan gizi dan mineral yang mampu menjaga kekebalan tubuh. Sehingga terdapat peluang besar budidaya jamur mengingan banyaknya minat masyarakat mengkonsumsi jamur.

 

Potensi dan Prospek Budidaya Jamur

Pixabay.com

Jamur merupakan salah satu jenis vegerarian yang standar dipasarkan. Rasanya yang lezat dan nikmat membuat jamur banyak diminati oleh konsumen di pasar. Berbagai kandungan nutrisi dalam jamur diantaranya vitamin B, fosfor, zat besi dan lainnya. Selain itu jamur banyak digunakan untuk program diet, penyembuhan penyakit hingga sebagai salah satu makanan gaya hidup sehat.

Potensi budidaya jamur bagi masyarakat ialah hanya menggunakan sedikit modal yang relative kecil sehingga mampu dilakukan disegala lapisan masyarakat. Selain itu perlengkapan dan peralatan yang digunakan sangat sederhana dan mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Prospek budidaya jamur bagi masyarakat ialah bersifat pleksibel karena dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Sebab budidaya jamur tidak mengenal musim dan tidak mengenal tempat. Sehingga kita dapat membuat tempat sendiri untuk budidaya jamur.

Selain itu untuk proses perputaran penghasilan sangat cepat sebab proses tumbuh jamur sangatlah singkat hanya memakan waktu sekitar 1,5 bulan sudah bisa memetik hasil panen.

 

Jenis Jamur yang dapat dibudidayakan, diantaranya:

Jamur Merang

Pixabay.com

Proses budidaya jamur merang sangaat mudah karena jamur merang bisa tumbuh di Jerami.

Prospek budidaya jamur merang ini memiliki pasar konsumen yang banyak. Sebab jamur ini memiliki citra rasa dan kandungan nutrisi yang baik untuk Kesehatan. Maka tidak heran konsumen sangat minat dengan jamur merang. Bentuknya yang unik serta bulat menggambarkan bentuk jamur merang. Jamur merang dapat dijadikan alternatif bahan pangan sehat dan bergizi.

 

Jamur Tiram

Pixabay.com

Jamur tiram merupakan jamur dengan peminat paling banyak.

Budidaya jamur bagi masyarakat memberikan peluang penghasilan tambahan. Sebab jamur tiram memiliki pasar pembeli. Protin nabati 10-30% dapat dikreasi menjadi sup, salad, pepes atau keripik jamur. Selain itu jamur tiram mengandung protein, lemak, fospor, besi, thiamin serta riboflavin yang lebih banyak ketimbang jamur lainnya.

 

Jamur Kuping

Pixabay.com

Bentuknya melebar seperti telinga manusia.

Penamaan jamur kuping tentunya dilihat dari bentuknya yang menyerupai kuping manusia. Terdapat prospek menguntungkan juga dilakukan budidaya jamur bagi masyarakat. Sebab terdapat banyak minat konsumen membeli jamur kuping. Tidak heran banyaknya peminat jamur kuping hal ini sebanding juga dengan manfaat yang didapatkan. Jamur kuping sangat bermanfaat bagi Kesehatan jantung, menurunkan kadar kolestrol hingga anti pendarahan. Jenis-jenis jamur kuping terdiri dari jamur kuping hitam, jamur kuping merah dan jamur kuping agar.

 

Jamur shitake

Pixabay.com

Jamur shitake merupakan jenis jamur dari China.

Jamur sthitake lebih dikenal dengan sebutan Chinese Black Mushroom. Jamur shitake dapat diolah menjadi berbagai kreasi makanan seperti miso, sup, acar, digoreng hingga menjadi keripik. Keuntungan budidaya jamur ini bagi masyarakat memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dibandingkan jenis jamur sebelumny. Harga jamur shitake dipasaran mencapai 30 ribu hingga 70 ribu per kilogramnya.

 

Jamur Lingzhi

Pixabay.com

Jamur lingshi kaya akan kandungan nutrisi Kesehatan yang dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit.

Peluang budidaya jamur lingzhi oleh masyarakat sangatlah berpotensi. Jamur lingzhi kaya akan protein. Polisakarida, triterponeid, germanium, erdosetrol, mannitoldan adenosin. Bagi siapa saja yang mengkonsumsi jamur lingzhi akan mendapatkan manfaatnya seperti terkembalinya keseimbangan tubuh dan tentunya aman dikonsumsi dalam jangkan Panjang tanpa adanya efek samping.

 

Budidaya jamur yang sudah diolah menjadi berbagai jenis produk

Mushroom hadir sebagai company yang membudidaya jenis jamur sekaligus memproduksi berbagai varian produk dengan bahan utama jamur. Produk yang dimaksud seperti nugget jamur, bon jamur, siomai jamur, jamur chips serta varian produk lainnya. Ingin mencoba salah satu produk Mushroom, anda dapat memesan salah satu produk atau berbagai produk secara online dengan cara mengklik disin

Sumber: academia pertanian bisnis jamur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »