Jenis Jamur Indonesia yang bisa dikonsumsi

pixabay.com

Ada banyak jenis jamur Indonesia yang bisa dikonsumsi dan bahkan popular dikalangan banyak konsumen. Jenis jamur tersebut dapat dikelola sesuai kreasi masakan dan mudah ditemukan diberbagai daerah Indonesia.

 

Jamur merupakan salah satu makanan yang kaya akan manfaar bagi Kesehatan tubuh. Kandungan yang terdapat didialam jamur diantaranya protein, magnesium, kalium, vitamin B6, folat dan fosfor. Bagi siapa saja yang mengkonsumsi jamur akan merasakan manfaat diantaranya mencegah kanker, (menjaga) Kesehatan jantung, Kesehatan saraf, Kesehatan tulang dan lainnya. Berikut rekomendasi jenis jamur khas Indonesia yang bisa dikonsumsi.

 

Jamur Tiram

pixabay.com

Jenis jamur Indonesia yang paling popular ialah jamur tiram.

Ciri dari jamur tiram yaitu berwarna putih hingga krem. Tudung jamur mirip cangkang tiram yang agak melengkung. Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur Indonesia yang popular di beberapa negara. Jamur tiram dapat ditemukan ditumpukan batang pohon yang sudah lapuk. Selain itu kandungan dalam jamur tiram yaitu protein, kalori, karbohidrat, zat besi dan beberapa jenis vitamin.

 

Jamur Kancing

pixabay.com

Jamur kancing salah satu jenis jamur Indonesia dengan bentuk menyerupai kancing.

Bentuknya yang bulat seperti kancing menjadikan namanya sebagai jamur kancing. Beberapa warna yang mendominan yaitu putih, krem dan cokelat muda. Tidak hanya di Indonesia, jamur kuping juga banyak dibudidaya di luar negeri. Jamur kancung kaya akan vitamin dan mineral namun rendah kalori. Jenis jamur Indonesia ini dapat dihidangkan sebagai pengganti daging sebab aromanya yang unik dan manis seperti daging itu sendiri.

 

Jamur Kuping

pixabay.com

Dikatakan sebagai jamur kuping karena bentuk jamur ini seperti kuping manusia.

Jamur kuping merupakan salah satu jenis jamur Indonesia yang mudah sekali ditemukan terutama ditempat area yang lembab. Warnanya yang cokelat tua kemerahan serta tekstulnya yang kenyal menjadikan ciri khas pembeda antara jenis jamur lainnya. Jamur kuping memiliki kandungan kalori, protein, lemak, karbohidrat dan beberapa jenis vitamin yang baik untuk Kesehatan tubuh. Salah satu manfaat mengkonsumsi jamur kuping ialah melindungi hati dan Kesehatan usus.

 

Jamur Merang

pixabay.com

Jamur merang mudah tumbuh di iklim tropis termasuk Indonesia.

Jenis jamur Indonesia ini sangat mudah ditemukan di pedesaan dan tersedia di banyak pusat perbelanjaan seperti minimarket, supermarket & lainnya. Jamur merang memiliki bentuk yang sangat unik dan berbeda dari jenis jamur lainnya. Dimana bentuknya yang bulat dengan warna putih kecokelatan.

Jika berbicara mengenai manfaat, maka jamur ini juga tidak kalah hebatnya dengan jamur lainnya. Manfaat yang dirasakan bagi mereka yang mengkonsumsi jamur merang berguna untuk menurunkan darah tinggi dan mencegah kanker. Sebab kandungan yang didapatkan yaitu fosfor, kalsium, asam nikotin, tiamin dan riboflavin.

 

Jamur Enoki

pixabay.com

Jamur enoki merupakan jenis jamur Indonesia yang mudah ditemukan di mall pusat perbelanjaan.

Sebab jamur ini diperjualbelikan dipasar-pasar. Bentuknya yang hidup berkelompok dalam satu rumpun, dengan tubuh yang tinggi serta cawang jamur yang kecil dan unik. Kandungan jamur ini terdiri dari protein, vitamin B dan mineral sehingga baik untuk mengatasi kanker dan tumor. Jamur enoki juga mampu menstimulasi sistem imun serta aktivitas anti bakteri. Beberapa penelitian terdahulu juga mengkonfirmasi bahwa jamur enoki mengandung anti penuaan, anti inflamasi (mengurangi radang), antioksida dan imunomodulator (mengaktifkan pertahanan alami dalam tubuh.

 

Jamur Shiitake

pixabay.com

Jamur shiitake banyak dijumpai di Kawasan asia timur dan tenggara.

Jenis jamur Indonesia ini yang cukup sulit ditemukan. Namun banyak dijumpai di daerah pengununggan korea dan asia tenggara. Uniknya meskipun kategorinya jamur namun aromanya hampir mirip dengan bau jengkol. Namun perlu dianalisis sebelum mengkonsumsi jamur shiitake karna ada beberapa jenis jamur beracun bentuknya hampir mirip dengan jamur shiitake. Adapun kreasi masakan yang bisa dicoba dari jamur shiitake ialah menjadi sup miso, serta jamur goreng.

 

kreasi olahan dari jenis-jenis jamur Indonesia

Selain beberapa jenis jamur Indonesia yang bisa dikonsumsi, masih banyak lagi jenis jamur lainnya yang bisa ditemukan diwilayah Indonesia. Untuk merasakan sensasi kreasi olahan jamur dari beberapa jenis jamur Indonesia seperti jamur tiram. Salah satunya produk Mushome yang menawarkan varian produksi mulai dari nugget jamur, bon jamur, snack jamur hingga jamur krispi. Tentunya masing-masing produk memiliki citra rasa tersendiri yang dapat dijadikan cemilan untuk anda.

 

Sumber: wikipedia endeus tv alodokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »