Lactarius indigo Jamur Biru Meksiko yang Memang Biru!

Meksiko adalah rumah bagi banyak keanekaragaman hayati. Salah satu keunikan hayati Meksiko adalah Lactarius indigo, atau jamur susu biru. Meski memiliki warna yang tidak biasa ditemukan di alam liar, jamur susu biru termasuk jamur yang aman dikonsumsi.

Masyarakat Meksiko sudah lama mengenal jamur ini dan banyak digunakan dalam masakan Meksiko seperti quesadilla, sopes dan huarache. 

 

Warna biru sebetulnya sangat jarang ditemukan pada bahan makanan, menjadikan jamur dengan nama latin Lactarius indigo ini "indigo" yang berbeda dengan warna bahan makanan pada umumnya. Namun, seperti kebanyakan jamur berwarna lainnya, warna biru akan memudar sekian waktu berselang.

Jamur susu biru sangat lembut, berbau tanah dan rasanya tidak terlalu tajam. Cara terbaik memasak jamur susu biru ini adalah dengan memanggangnya bersama barbekyu, Tetap jaga jangan sampai warnanya pudar karena akan mengurangi cita rasa jamur ini.

Orang Meksiko sering mencampurkan sautéed dengan irisan bawang, ditambah epazote, lalu diberi toping krim lembut. Bisa juga dinikmati bersama tortilla. Bagaimana, hidangan yang menarik ya

Lactarius indigo Jamur Biru Meksiko yang Memang Biru!