Ustilago Maydis Hama Jagung yang Dinantikan Petani Jagung

Kalau mendengar kata hama, pastinya yang muncul dipikiran adalah serangga, mamalia atau bahkan fungi yang merusak tanaman. Namun di Meksiko, hama yang satu ini justru disyukuri kedatangannya. Ya, Ustilago Maydis atau lebih dikenal sebagai Huitlacoche di negeri tortilla ini adalah jamur yang menyerang bongkol jagung yang siap dipanen.

Ustilago Maydis sudah dikenal pada masa kerajaan Aztec berdiri. Orang-orang Aztec memakan “hama” ini sebagai salah satu makanan pokok mereka. Biasanya Ustilago Maydis dimakan bersama tamale atau dijadikan stew.

Masyarakat modern Meksiko menggunakan jamur ini di berbagai makanan keseharian mereka seperti tortilla, quesadilla, enchilada, dan lainnya.

Ustilago Maydis Hama Jagung yang Dinantikan Petani Jagung

Ustilago Maydis disukai karena teksturnya yang halus, rasa yang masih mirip jagung namun lebih gurih.

Ada fakta menarik mengenai jamur Ustilago Maydis ini. Jamur ini mengandung protein dalam jumlah tinggi, lebih tinggi dari jagung yang menjadi inangnya. Sementara di dunia jamur sendiri, Ustilago Maydis adalah salah satu yang paling tinggi kandungan proteinnya.

Selain itu, Ustilago Maydis juga mengandung asam amino lisina, gizi yang sangat sedikit terdapat di jagungnya sendiri.

Beberapa tahun terakhir, Ustilago Maydis semakin dikenal di dunia karena strategi rebranding yang menyebut jamur hama ini sebagai jamur Trufflenya Meksiko. Nah, kalau jamur Trufflenya Indonesia jamur apa ya?

Ustilago Maydis Hama Jagung yang Dinantikan Petani Jagung

Artikel Jamur Artikel Lainnya