Selain Rasanya yang Lezat, Jamur pun Kaya akan Khasiat

Jamur merupakan salah satu makanan favorit masyarakat luas. Bukan hanya di Indonesia, masyarakat di berbagai macam negara pun sangat menggemarinya. Selain rasanya yang lezat, jamur pun memiliki banyak khasiat atau manfaat bagi tubuh. Masyarakat Indonesia biasanya mengolah jamur menjadi beragam makanan yang lezat. Hampir setiap daerahnya memiliki ciri khas dengan kelezatannya masing-masing. Tak aneh apabila kita mengunjungi beberapa daerah di penjuru Indonesia memiliki rasa yang berbeda-beda. Bukan hanya diolah menjadi makanan berat, tak jarang juga kita jumpai jamur diolah menjadi cemilan untuk menemani aktivitas kita sehari-hari.

Beberapa makanan yang diolah bersumber dari jamur ialah seperti tongseng jamur tiram, pepes jamur, tumis jamur saus tiram, sup jamur tiram bumbu pedas, jamur crispy pedas, dan masih banyak yang lainnya. Beberapa makanan tersebut harus diolah terlebih dahulu agar menjadi makanan yang lezat. Namun bagi kalian yang tidak memiliki banyak waktu dan ingin merasakan lezatnya makanan olahan dari jamur, jangan khawatir. Mushome menyediakan berbagai macam olahan produk dari jamur seperti nugget jamur, bon jamur, jamur chips, dan masih banyak lagi varian produk yang lainnya. Cukup klik disini, kalian bisa melihat, memesan, dan merasakan berbagai macam produk olahan dari jamur.

Bagaimana? Kian tertarik merasakan berbagai macam olahan produk dari jamur yang super lezat? Atau masih ingin tahu keuntungan apa saja yang dirasakan apabila kita mengonsumsi olahan produk dari jamur? Yuk kita bahas di paragraf selanjutnya!

Selain bisa diolah menjadi makanan yang lezat, jamur pun memiliki banyak khasiat yang baik bagi tubuh kita.

Berikut merupakan beberapa khasiat yang perlu diketahui bagi kalian pecinta produk olahan dari jamur

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Siapa yang tahu, ternyata jamur pun berkhasiat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak jamur terutama jamur shitake mampu menangkal atau melawan virus dan meningkatkan imun tubuh dari infeksi yang diakibatkan oleh bakteri atau jamur. Maka dari itu, di situasi pandemi seperti ini produk olahan dari jamur bisa dijadikan sebagai pilihan untuk menjadi asupan bagi tubuh kita.

  1. Memelihara Kebugaran Jantung

Selain berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh, jamur pun berkhasiat untuk menurunkan kolesterol berlebih yang bisa mengakibatkan atau memicu penyakit jantung. Jamur ini sendiri merupakan salah satu makanan yang menyediakan atau mengandung kalium. American Heart Association (AHA) menyarankan untuk mengurangi asupan garam dalam makanan dan memperbanyak asupan makanan yang mengandung kalium karena hal tersebut dapat menurunkan risiko terkena hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Jamur merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan begitu, jamur dapat dimanfaatkan untuk menurunkan risiko terkena diabetes. Penelitian yang dikemukakan dalam Journal of chiropractic medicine (2018) mengatakan bahwa orang yang banyak memakan makanan yang mengandung serat memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes.

Sumber: hellosehat, halodoc
Image by pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »