Makan Jamur bisa Bikin Awet Muda, Ini Penjelasannya!

Jamur merupakan salah satu olahan makanan populer dan favorit masyarakat Indonesia. Sayangnya, tidak semua masyarakat Indonesia mengetahui lebih dalam kandungan dan manfaat yang ditimbulkan dari mengonsumsi jamur. Padahal, jamur memiliki kadungan nutrisi yang cukup luar biasa apabila dikonsumsi secara teratur. Bahkan, ada penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi jamur secara teratur bisa bikin kita awet muda, benarkah begitu? Yuk simak penjelasannya berikut.

Jamur atau biasa disebut dengan fungi terdapat berbagai macam jenis, baik yang bisa dimakan atau pun yang beracun. Terkhusus jamur yang bisa dimakan seperti jamur tiram, jamur shitake, jamur kancing, jamur shimeji, jamur enoki, jamur kuping, dan lain-lain. Berbagai jenis jamur tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya bisi bikin awet muda.

Tapi, taukah kalian di antara berbagai jenis jamur tersebut yang manakah yang memiliki manfaat bisa bikin awet muda?

Ya, jamur tiram. Jamur tiram merupakan salah satu jenis jamur yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari menangkal radikal bebas, menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko terkena diabetes, menurunkan berat badan berlebih, mencegah pertumbuhan kanker, hingga bisa memperlambat masa penuaan atau awet muda.

Selain memiliki banyak manfaat, harga jamur tiram pun relatif cukup murah dan mudah ditemui di berbagai tempat, seperti pasar dan supermarket. Jamur tiram memiliki kandungan nutrisi yang terbilang lengkap, seperti protein, oksidan, serat, kalsium, hingga potassium. Dikutip dari BoldSky (12/10), kandungan antioksidan di dalam jamur tiram bisa menangkal radikal bebas yang bisa berpotensi merusak sel. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas bisa memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kesehatan kulit. Dengan cara kita mengonsumsi jamur tiram secara teratur, itu artinya kandungan atau asupan antioksidan pun semakin baik. Sehingga, kesehatan dan kelembapan kulit pun akan semakin baik. Pada akhirnya, kulit pun akan terlihat lebih sehat dan terhindar dari penuaan masa dini.

Bagaimana? Sudah paham kan mengapa jamur tiram bisa digunakan sebagai salah satu alternatif menunda masa penuaan dini? Yuk mulai mengonsumsi jamur tiram secara teratur agar kesehatan kulit tetap terjaga dan terhindar dari masa penuaan dini.

Bagi kalian yang ingin mencoba olahan makanan yang terbuat dari jamur, terutama dari jamur tiram. Yuk! klik di sini untuk melihat beberapa produk dari mushome yang berbahan dasar dari berbagai jenis jamur terkhusus dari jamur tiram.

Sumber: alodokter.com, detik.com
Image by unsplash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »