Manfaat Jamur Sebagai Pengganti Daging untuk Para Vegetarian

Jamur adalah tanaman yang penuh dengan banyak manfaat termasuk untuk tubuh manusia jika kita mengonsumsinya dan mengolahnya dengan benar. Lantas, apakah jamur bisa menjadi opsi bagus untuk mengganti daging?

Baik Anda adalah seorang vegetarian atau seseorang yang sedang mengurangi konsumsi daging hewani, tentu jamur adalah pilihan yang tepat karena jamur sendiri bisa menjadi bahan utama dalam suatu masakan dengan peran ‘pengganti daging’. Jika anda memasak tumis sayur dengan daging, kini Anda bisa mengganti daging tersebut dengan potongan jamur!

Jamur mengandung nilai nutrisi yang tinggi dimana hal tersebut mendukung kita untuk menerapkan penggunaan jamur sebagai gaya hidup sehat kita sehari-hari, sehingga nutrisi yang ada pada daging sebagian besar dapat kita peroleh dari jamur.

Memangnya ada apa sih di dalam sebuah jamur? Memangnya rasanya bisa tetap seenak daging? Kalau begitu, yuk kita lihat lebih lanjut informasi tentang mereka!

 

Alternatif pengganti daging dari olahan jamur

Pixabay.com

Meskipun daging memiliki citra rasa khas dan lezat, tetapi manusia tidak bisa memakan daging dalam takaran yang berlebihan. Karena daging memiliki kandungan serat yang memicu kontracersi bagi Kesehatan tubuh. Meskipun begitu, daging dapat diganti dengan olahan jamur, yang mana dari segi citra rasa dan tekstur hampir menyerupai daging asli. Dari segi harga pun tentu juga berbega, daging jamur tentu lebih murah dibandingkan daging asli.

Mengkonsumsi daging jamur sebagai alternatif pengganti daging asli yang memiliki kandungan Kesehatan bagi tubuh. Sebab rendahnya lemak dan membantu Kesehatan tubuh terutama Ketika program diet. Jamur memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin B yang baik bagi Kesehatan siklus tubuh mulai dari Kesehatan jantung, saluran darah, kolestrol hingga menjaga daya tahan tubuh.

 

Jamur kaya akan vitamin dan mineral

Pixabay.com

Walau tidak memiliki banyak unsur protein yang kerap kita temukan pada daging hewani, bagaimana pun para jamur memiliki banyak pontesi yang dapat melampaui daging: mereka kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin B1, B2, B5, B6, B12, asam amino, serat, hingga zinc. Terlebih lagi mereka mengandung zat antioksidan dan tidak mengandung baik lemak maupun karbohidrat. Mereka hanya mengandung vitamin D yang timbul secara alami dari hasil cahaya matahari yang menyinari mereka.

Rasa Khas dari Jamur

Pixabay.com

Jamur memiliki rasa lezat yang dikenal sebagai umami, kelezatan dari rasa jamur ini cocok untuk ditambahkan ke dalam masakan untuk menjaga perisa dan tekstur dari masakan tersebut dalam percobaan pengurangan daging pada masakan. Hal ini dapat membuat masakan tetap lezat dan rendah kalori tanpa penggunaan daging.

Sebagai hasil dari kelezatan jamur, kita juga memperoleh benefit kesehatan dari mereka. Tanpa lemak, karbohidrat, sodium, dan zat lain yang berpotensi buruk pada tubuh pun kini kita dapat merasakannya lewat jamur. Oleh karena itu, memulai gaya hidup sehat lewat jamur dengan mengganti bahan masak daging adalah pilihan bagus, baik untuk para vegetarian dan lainnya, untuk diterapkan mulai saat ini juga.

Ingin merasakan berbagai olahan produk jamur dari Mushome, yang terdiri dari jamur chips, nugget jamur, bon jamur serta varian produk lainnya. klik disini

 

Belviola A. Vanian

Admin Mushome

Sumber:

Detik kompas 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »